Selasa, 24 Des 2019 18:36 WIB

Mengapa Batuk Terasa Lebih Parah Saat Malam Hari?

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Penghujung tahun identik dengan musim hujan yang menimbulkan berbagai bibit penyakit seperti batuk dan flu. Meski sepele, kedua penyakit ini sangat mengganggu, terlebih pada saat malam hari batuk terasa lebih hebat yang membuat kita terjaga di tengah malam. Mengapa demikian?

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi menyebut saat musim dingin tubuh rentan terhadap berbagai penyakit salah satunya batuk. Itu terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat.

"Saat musim dingin pembuluh darah perifer melakukan vasokonstriksi (penyempitan) untuk menjaga panas tubuh tetap stabil, sehingga supply oksigen dan sel darah berkurang, hal ini menyebabkan kerentanan tubuh meningkat dan mudah terinfeksi," terangnya kepada detikHealth baru-baru ini.


dr Helmin menuturkan mengapa batuk terasa gatal saat malam hari itu bisa diketahui dari pemicunya. Jika penderita alergi dingin maka malam hari dengan kualitas udara yang tidak terkena sinar matahari batuk bisa makin berat.

"Selain itu jika batuk ringan saja, kesibukan beraktivitas di siang hari kadang kala mengurangi respon terhadap reflex batuk sehingga frekuensi batuk siang hari lebih rendah dan malam hari lebih tinggi," jelasnya.

Dilansir dari Everyday Health, Mitchell Blass, MD, seorang spesialis penyakit menular dan dokter di Emory Saint Joseph di Atlanta, berpendapat bahwa batuk yang terasa gatal di malam hari bisa disebabkan oleh gravitasi dan lingkungan kering di dalam ruangan.

Pada saat berbaring, lendir akan menggenang dan berkumpul di belakang tenggorokan. Alhasil udara kering terhirup di dalam ruangan juga memicu tenggorokan terus gatal. Itulah sebabnya batuk akan sangat mengganggu ketika beristirahat di malam hari.


Sebagian ahli medis sepakat bahwa cara terbaik mengatasinya adalah dengan minum cukup banyak air, minum obat bebas untuk mengatasi nyeri sakit kepala atau hidung tersumbat jika diperlukan dan jika batuk berdahak, Anda bisa pilih Woods Expectoran. Obat batuk berdahak ini memiliki kandungan romhexine HCl untuk mengencerkan dahak dan guaiphenesin untuk mengeluarkan dahak.

Sementara jika batuk Anda tidak berdahak bisa memilih Woods Antitusive. Obat ini mengandung dextromethorphan HBr untuk menekan batuk pada pusatnya dan diphenhydramine HCl untuk menghilangkan gatal di tenggorokan.

Simak Video "Video Kuburan Massal Jenazah Terinfeksi Virus Corona di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)