Rabu, 25 Des 2019 12:39 WIB

Kaleidoskop Kesehatan 2019

Juni: Ani Yudhoyono Wafat dan Transformasi Bocah Tergemuk

Firdaus Anwar - detikHealth
Aria Permana sukses turunkan berat badan. (Foto: Mochamad Solehudin)
Jakarta - Berita kesehatan di bulan Juni didominasi kabar kematian figur publik Hj Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono. Ia berjuang melawan penyakit kanker darah leukemia yang diidapnya sejak bulan Februari lalu.

Selain itu ada juga kabar dari 'bocah tergemuk sedunia' Aria Permana yang berhasil memangkas berat badan 87 kilogram (kg).

Berikut rangkuman detikcom dari berbagai sumber:

1. Ani Yudhoyono wafat

Istri presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, meninggal dunia di Singapura setelah beberapa bulan berjuang melawan kanker darah leukemia. Saat itu politisi Partai Demokrat Andi Arief mengabarkannya lewat media sosial.

Saat Ani Yudhoyono dirawat sempat beredar pesan yang menyebut kanker darahnya disebabkan bahan kimia dalam proses dry clean. Namun demikian beberapa ahli meragukan hal tersebut karena tidak ada buktinya.


2. Transformasi bocah tergemuk

Pertengahan tahun 2017, nama Aria Permana atau sebelumnya disebut Ariya atau Arya ramai di kalangan warganet. Hal ini disebabkan Aria yang saat itu berusia 12 tahun telah mencapai bobot hingga 192 kg, otomatis membuatnya masuk dalam kategori obesitas ekstrem.

Di bulan Juni 2019 Aria kembali muncul di media menunjukkan transformasi fisiknya yang berhasil memangkas 87 kg berat badan. Hal ini berkat berbagai bantuan mulai dari operasi pangkas lambung hingga bimbingan diet serta olahraga dari Ade Rai.


3. Viral sunat jengger ayam

Pada masa libur sekolah, banyak orang tua yang ingin mengajak buah hatinya pergi sunat. Tapi sejak beberapa waktu lalu, ada yang bikin alis terangkat karena aneh atau bingung terkait layanan di sebuah klinik sunat.

Dalam spanduknya yang viral, klinik tersebut menawarkan berbagai model sunat, mulai dari model jengger ayam, bunga mawar, kuncir kuda, hingga shock breaker!


4. Ramai RS syariah

Sebuah foto yang menunjukkan papan pengumuman aturan menunggu pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang viral di media sosial. Dalam papan tertulis bahwa sebaiknya penunggu pasien berjenis kelamin sejenis, pria dengan pria sementara wanita dengan wanita, kecuali keluarga atau mahramnya.

Hal ini memicu perdebatan di antara netizen. Mereka yang mengkritik merasa papan pengumuman tersebut diskriminatif sementara yang lain mendukung karena menganggap rumah sakit (RS) jadi lebih menjamin pelayanan sesuai syariah untuk pasien muslim.


5. Ngantuk saat mudik

Bulan Juni jadi momen libur lebaran 2019. Banyak yang mudik mungkin merasakan ngantuk di tengah perjalanan hingga kelelahan.

Praktisi kesehatan tidur dari RS Mitra Keluarga Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RSPGT, memberikan tips agar mudik jadi lebih aman. Pertama pastikan cukup tidur, ciptakan suasanya nyaman di mobil, hingga ada cadangan sopir pengganti.



Simak Video "Mengenal Lebih Dalam Kanker Darah yang Diderita Ani Yudhoyono"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)