Kamis, 26 Des 2019 13:27 WIB

Viral Temuan Kacang Kedaluwarsa Tahun 1999, Ini Tips Bersihkan Kulkas

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Yuk dicek siapa tahu kulkas di rumah kita juga banyak berisi makanan kedaluwarsa. (Foto: Tangkapan layar Twitter)
Jakarta - Baru-baru ini, viral sebuah postingan pasangan yang curhat soal temuan kacang hijau di kulkas yang sudah kedaluwarsa sejak tahun 1999. Hal ini jadi gambaran buat netizen untuk menjaga kulkas dari produk kedaluwarsa agar tetap bersih.

Biasanya kita terbiasa menumpuk makanan lama sampai tidak sadar kulkas sudah terisi banyak dan terlupakan. Nah di akhir tahun ini yuk jadikan momen untuk bersih-bersih kulkas supaya kualitas makanan yang disimpan juga terjaga bebas kuman penyakit.

Ini tips bersih-bersih kulkas yang dikutip detikcom dari berbagai sumber:


1. Bersihkan tumpahan makanan atau minuman

Tidak ada salahnya untuk membersihkan kulkas setiap hari. Contohnya, jika ada makanan dan minuman yang tumpah di dalam kulkas. Jangan diamkan tumpahan itu untuk mencegah kontaminasi pada makanan lainnya. Bersihkan tumpahan sesegera mungkin dengan kain yang dibasahi dengan semprotan anti bakteri yang aman untuk makanan.

baca juga

2. Pilah makanan

Minimal satu kali dalam seminggu cobalah untuk mulai memilah makanan. Karena, makanan yang sudah tersimpan lama lebih dari 1 minggu biasanya dapat menimbulkan spora atau jamur yang menyebar ke makanan segar. Spora jamur ini tentunya dapat memicu alergi dan masalah pernapasan, bahkan salah satu penelitian menurut Departemen Pertanian AS, ini bisa menyebabkan keracunan.

Jika kesulitan dalam mengingat berapa lama makanan itu sudah ada di kulkas, triknya adalah coba tulis tanggal dan makanan di papan pengingat setiap memasukkan makanan baru ke dalam kulkas.

3. Bersihkan menyeluruh

Jika sudah rajin membersihkan makanan setiap minggu, persoalan lain biasanya datang dari es yang sudah menumpuk dalam kulkas. Nah, hal ini bisa diatasi dengan membuang terlebih dahulu semua produk yang ada di dalam kulkas. Rendam setiap wadah penyimpan yang ada di kulkas dengan air hangat untuk membunuh kuman.

Untuk memastikan kulkas benar-benar bersih buat larutan pembersih yang baik dengan 2 sendok makan soda kue dan 1 liter air panas. Lalu, bilas semua tempat dengan kain basah dan bersih, serta pastikan selalu mengganti filter setiap 6 bulan sekali.

Nah, kurang lebih begitu tips yang bisa kalian lakukan untuk membersihkan kulkas menjelang akhir tahun. Jangan sampai kalian sama-sama menemukan produk seperti kacang hijau yang ternyata juga sudah kedaluwarsa sejak tahun 1999.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)