Jumat, 27 Des 2019 14:15 WIB

Pensiun di Akhir Tahun, Yuk Bikin Resolusi Sehat di Hari Tua

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Persoalan masa pensiun untuk lansia tidak sekadar hitungan finansial tetapi juga persoalan kesehatan jangka panjang. Karenanya di penghujung tahun ini merupakan momen yang tepat untuk memikirkan resolusi sehat di hari tua.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan kondisi fisik bagi individu yang berusia lanjut tentunya sangat rentan terjadi kelainan penyakit. Sebab kemampuan fisik dan mental manusia tentu menurun seiring dengan bertambahnya usia.

"Masalah yang sering terjadi biasanya gangguan memori daya ingat, tulang yang mulai patah (osteoporosis) dan otot yang mulai kendor diganti lemak (sarcopenia) serta kemampuan sistem imun tubuhnya pun berkurang jauh," ujar dr Muliaman kepada detikhealth baru-baru ini.


"Selain itu, lansia juga lebih rentan terhadap infeksi. Infeksi yang paling sering menyerang lansia adalah infeksi paru, infeksi saluran kemih dan pencernaan," imbuhnya.

dr Muliaman mengatakan ragam resolusi sehat di hari tua sebaiknya dilakukan sedini mungkin seperti rajin berolahraga, selalu berkumpul bersama keluarga, dan konsumsi banyak makanan yang mengandung serat.

"Imunisasi jika perlu untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu, misalnya pneumonia, virus herpes, dan influenza," terangnya.

"Adapun bila belum sempat medical check-up, cermati perubahan berat badan, awasi tekanan darah dan waspadai kondisi tubuh bila cepat lelah dan sesak napas saat beraktivitas. Segera ke dokter bila didapati kelainan," jelasnya.

Sementara itu, untuk membantu asupan nutrisi buat kesehatan tulang dan sendi. Entrasol Senior bisa jadi alternatifnya. Susu ini merupakan nutrisi harian tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi makro dan mikro seseorang di usia 60 tahun ke atas. Sehingga tetap aktif dan memiliki kualitas hidup yang baik saat bertambahnya usia.


Entrasol Senior juga rendah laktosa, sehingga bagi orang lanjut usia yang sering bermasalah diare atau kembung saat minum susu akan lebih aman mengonsumsi Entrasol Senior.

Simak Video "'SwissCovid', Aplikasi asal Swiss Pendeteksi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)