Sabtu, 28 Des 2019 12:42 WIB

5 Alasan Tak Minum Susu Langsung dari Sapi Seperti Dinar Candy

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Dinar Candy bikin heboh karena meminum susu segar langsung dari sapinya (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta - Artis seksi Dinar Candy bikin heboh karena meminum susu segar langsung dari seekor sapi betina. Aksi yang diunggahnya di Instagram itu tentu berisiko dan sebaiknya tidak ditiru.

Kalaupun nekat mau ikut-ikutan, pertimbangkan dulu masak-masak beberapa hal sebagai berikut.

1. Bisa terkontaminasi bakteri
Dikutip dari fda.gov, susu mentah yang tidak diolah dengan pasteurisasi atau pemanasan pada suhu tertentu bisa mengandung bakteri berbahaya seperti Salmonella, E.coli, Listeria dan sebagainya. Risikonya adalah keracunan, muntah dan diare.

2. Tanda-tanda keracunan
Keracunan susu mentah bisa ditandai dengan mual muntah, diare, serta nyeri lambung. Gejala-gejala mirip flu seperti demam dan sakit kepala juga bisa menyertai.



3. Susu segar punya mekanisme bunuh kuman?
Mitos! Dikutip dari cdc.gov, bakteri maupun kuman patogen hanya bisa dihilangkan lewat pengolahan, misalnya pasteurisasi dan pemberian bahan kimia tertentu. Sejauh ini, pasteurisasi paling populer dilakukan.

4. Susu sapi organik juga bisa terkontaminasi
Peternakan sapi organik tidak ada hubungannya dengan steril atau tidaknya susu yang dihasilkan. Secara alamiah, sifat susu yang memiliki pH atau keasaman netral dan kaya nutrisi adalah tempat berkembang biak yang baik bagi kuman.

5. Diolah juga tetap bernutrisi kok
Lagipula, memangnya kenapa sih kalau diolah dulu? Beberapa orang menganggap pemanasan dalam proses mengolah susu segar akan merusak enzim dan nutrisi di dalamnya. Anggapan ini memang ada benarnya, tetapi nutrisi yang hilang sangat tidak seberapa dibandingkan dengan risiko kontaminasi bila tidak diolah.



Simak Video "Viral Sinyal Tangan untuk Lapor Kekerasan, Ini Kata Komnas Perempuan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)