Minggu, 29 Des 2019 06:00 WIB

Bangun Tidur dengan Tenggorokan Sakit? Ini 6 Cara Meredakannya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Bangun tidur dengan tenggorokan nyeri? (Foto: iStock)
Jakarta - Musim hujan membuat kita rentan terserang flu, demam, dan batuk. Salah satunya ditandai dengan gejala sakit tenggorokan, yang bisa sangat mengganggu bila terasa usai bangun tidur.

Jika kamu mengalaminya, hindari merokok, meminum minuman bersoda, memakan gorengan, dan juga berolahraga. Mengapa berolahraga juga tidak boleh? Hal ini disebabkan olahraga bisa membuat tubuh lelah dan menjadikannya pulih lebih lama.

Apabila terjadi lebih dari 5 hari, maka segera periksakan ke dokter. Dikutip dari Times of India, berikut adalah 6 cara alami untuk meredakan rasa sakit tenggorokan:



1. Berkumur

Berkumur adalah cara paling efektif untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Berkumurlah dengan segelas air yang dicampur dengan secubit garam, bisa meningkatkan aliran darah di area faring yang nantinya akan mencuci bersih segala infeksi. Saat infeksi sudah menghilang, radang yang terkait dengan infeksi ini juga akan berkurang. Lendir yang menumpuk juga akan bisa keluar dari tubuh dengan mudah.

2. Minum minuman hangat

Teh herbal seperti teh kayu manis, teh jahe, teh lemon madu bisa memperbaiki tenggorokanmu. Saat tenggorokan sakit karena infeksi, cairan dari minuman panas bisa merilekskan area ini.

3. Makanan lembut

Memakan makanan yang lebih ringan dan lembut akan membantu. Misalnya mengonsumsi bubur untuk sarapan bisa meredakan rasa nyeri dan juga infeksi yang bersarang di tenggorokan.

4. Diuapi

Menguapi wajah atau kepala merupakan cara lain yang sama bagusnya untuk meredakan tenggorokan yang sakit. Menguapi akan membuka bagian nasal atau hidung serta area tenggorokan dan membantumu bisa bernapas dengan benar.

5. Pelega tenggorokan

Pelega tenggorokan dalam bentuk permen bisa membantu, karena saat sakit, tenggorokan kita cenderung menjadi kering dan menyebabkan rasa tegang di area tersebut.

6. Kompres hangat

Ada beberapa waktu sakit tenggorokan bisa menyebabkan kejang nyeri atau saat kita memakan makanan padat, tenggorokan kita menjadi sakit. Di waktu-waktu ini, kamu bisa menaruh kompres hangat di sekitar leher untuk meredakan rasa sakit di area tersebut.



Simak Video "Imunitas Tiap Orang Berbeda, Perhatikan Faktor yang Memengaruhinya"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)