Minggu, 29 Des 2019 08:00 WIB

Terpopuler: Kasus Viral Kena Kanker Kulit Akibat Penggunaan Skincare KW

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Viral kena kanker kulit akibat penggunaan skincare palsu. (Foto: Tangkapan Layar Twitter)
Jakarta - Belum lama ini, sempat viral salah satu cerita seorang remaja yang mengalami kanker kulit stadium 2 setelah menggunakan skincare KW alias palsu. Cerita ini mulai ramai dibicarakan netizen yang tidak menyadari efek bahaya dari penggunaan skincare abal-abal.

"30 persen wajahku udah mulai membusuk karena dekat mata. Mata kiriku sudah mulai tidak jelas. Kankerku pertumbuhannya cepat, aku udah stadium 2," demikian seperti yang diceritakan oleh akun @yourniaa.

Menanggapi hal ini, dokter spesialis kulit dan kelamin dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK dari DNI Skin Center mengatakan, penyebab kanker kulit ini bisa jadi karena kandungan yang ada di dalam skincare tersebut.


"Sebenarnya tergantung bahan yang digunakan. Pemalsuannya mengandung bahan apa. Memang ada bahan yang kita tidak tahu dan bersifat merangsang kemunculan kanker namanya karsinogenik. Kalau mengandung itu, otomatis memicu kanker itu tumbuh," katanya pada detikcom beberapa waktu lalu.

dr Darma mencontohkan seperti tabir surya palsu. Umumnya tabir surya berfungsi untuk melindungi dari sinar matahari dan mencegah kanker. Tapi, jika membeli produk yang palsu malah akan terjadi hal yang buruk.

"Kalau palsu kan dia nggak ada kekuatan melindungi, nggak ada obatnya jadi orang yang menggunakan merasa pakai tapi sebenarnya masih terpapar sinar matahari. Itu yang bisa menjadi pemicu kanker kulit," terang dr Darma.



Simak Video "Corona Diprediksi Bisa Tingkatkan Kasus Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)