Senin, 30 Des 2019 15:05 WIB

Beragam Bakteri Jahat yang Bisa Mengintai Aksi Manusia Gorong-gorong

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Berikut bakteri yang bisa mengintai manusia gorong-gorong. (Foto: Mukhlis Dinillah)
Jakarta - Belakangan ini, sedang ramai aksi Uha (42) pria yang nekat masuk gorong-gorong sedalam 4 meter pada Kamis (26/12/2019) untuk mengambil sampah yang menyumbat. Aksinya ini banyak menuai respon positif dari netizen karena berkat aksinya air yang sedang meluap beberapa saat menjadi surut.

"Saya turun ke dalam nyari yang nyumbat got," kata Uha di lokasi, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Senin (30/12/2019).

Aksi heroik pria ini membuat netizen kagum karena ia harus menyelami air yang ada di dalam gorong-gorong tersebut. Tentu hal ini tidak untuk ditiru karena dapat memicu beragam penyakit akibat kemungkinan banyaknya bakteri yang bisa terdapat pada air.

Ini beberapa contoh bakteri di air limbah yang berbahaya bagi kesehatan, dikutip detikcom dari beragam sumber:

1. Bakteri campylobacter

Bakteri ini biasa ditemukan dalam kotoran hewan. Namun campylobacter juga ditemukan dalam limbah, sehingga kontak dengan limbah dari tumpahan limbah dapat mengakibatkan infeksi yang berpotensi mematikan.



2. Bakteri salmonella

Bakteri ini salah satu jenis bakteri paling berbahaya dalam limbah. Salmonella dapat menyebabkan gastroenteritis seperti muntah dan diare akibat infeksi atau peradangan pada dinding saluran pencernaan, terutama lambung dan usus. Di masyarakat luas, gastroenteritis lebih dikenal dengan istilah muntaber.

3. Bakteri E. coli

Siapa yang tak asing dengan bakteri E. coli? Bakteri ini biasa ditemukan di usus bagian bawah juga di saluran pembuangan. Biasanya infeksi E.coli kerap terjadi karena konsumsi air yang terkontaminasi atau melalui makanan yang disiapkan dalam kondisi yang tidak higienis berujung keracunan.

5. Parasit protozoa

Bakteri ini dapat ditemukan di saluran pembuangan. Sebuah survei terhadap pekerjaan pengolahan limbah di Inggris menemukan lebih dari 25 persen jejak parasit dalam sampel limbah yang diteliti. Parasit yang ditemukan dapat menyebabkan diare pada orang sehat tetapi dapat berakibat fatal bagi orang yang sudah lemah atau tidak sehat.



Simak Video "Mengandung Bakteri Listeria, Kementan Musnahkan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)