Selasa, 31 Des 2019 11:04 WIB

Medina Zein Positif Narkoba, Ini Bahayanya pada Air Susu Ibu

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Foto: Medina Zein berjalan di belakang Ibra Azhari sambil menutupi wajah (Samsuduha/detikcom)
Jakarta - Idealnya, ibu menyusui harus menghindari semua penggunaan zat terlarang untuk kesehatan tubuh ibu dan bayinya. Menyusui dianggap sebagai cara terbaik untuk memberi makan bayi selama tahun pertama kehidupan mereka.

Namun bagaimana jika ibu positif mengonsumsi narkoba? Seperti kasus yang sedang menimpa Medina Zein yang terbukti mengonsumsi narkoba jenis amfetamin padahal ia baru melahirkan anaknya pada bulan September 2019 lalu dan sedang dalam masa menyusui.

Menurut American Academy of Pediatrics yang dikutip dari Drug Abuse, penggunaan amfetamin selama menyusui dapat berdampak buruk pada bayi yang mengakibatkan perubahan seperti pemberian makanan yang buruk dan insomnia.

Obat-obatan jenis amfetamin dapat berkonsentrasi pada ASI dan menyebabkan iritabilitas dan gangguan tidur pada bayi. Beberapa menganjurkan untuk tidak menyusui anak selama 24-48 jam setelah konsumsi amfetamin.

Selain itu, penggunaan amfetamin selama menyusui juga dapat berdampak negatif pada kemampuan ibu untuk memberikan perawatan terbaik bagi buah hatinya. Ibu yang mengonsumsi narkoba juga akan mengalami gejala seperti depresi, kesulitan tidur, kecanduan narkoba, halusinasi, kejang, dan delusi.


Simak Video "Ketika Anak Beranjak Remaja Minum ASI, Apa Efeknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/frp)