Selasa, 31 Des 2019 13:41 WIB

Terbakar di Atas Meja Operasi, Pasien Kanker Ini Meninggal

Firdaus Anwar - detikHealth
Pisau bedah elektrik menyulut api pada kulit pasien yang terpapar alkohol. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta - Sebuah kecelakaan kerja tidak biasa dilaporkan terjadi di salah satu rumah sakit Rumania. Seorang pasien wanita berusia 66 tahun yang mengidap kanker meninggal dunia karena tak sengaja terbakar di tengah prosedur operasi.

Kejadian ini dilaporkan terjadi pada tanggal 22 Desember lalu. Kala itu para dokter di Floreasca Hospital menggunakan disinfektan berbahan alkohol pada sang pasien sebelum mulai melakukan operasi pengangkatan kanker.

Sementara itu untuk pembedahannya dokter memilih menggunakan pisau bedah elektrik.


Apa yang terjadi kemudian pisau menyulut api pada kulit yang terpapar alkohol. Sang pasien dilaporkan menderita luka bakar 40 persen dan sempat dirawat selama seminggu hingga akhirnya meninggal dunia.

Menteri Kesehatan Rumania Victor Costache berjanji akan melakukan investigasi terhadap kejadian ini. Dokter bedah disebut-sebut harusnya mengerti bahwa pisau elektrik tidak boleh digunakan bersamaan dengan disinfektan berbahan dasar alkohol.

"Kami berharap dapat pelajaran dari insiden ini," kata Victor seperti dikutip dari BBC, Selasa (31/12/2019).

"Saya dan tim dari Kementerian Kesehatan yang saya koordinasikan akan berusaha semampunya untuk menemukan kebenaran," lanjutnya.



Simak Video "Tim Medis Menjerit, Minta IDI Tambah Relawan untuk RSD"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)