Selasa, 31 Des 2019 15:48 WIB

Galau Malam Tahun Baru

Sedih Lihat Tahun Baru Teman di Media Sosial? Bisa Jadi Tanda Kesepian

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tanda kesepian saat malam tahun baru. Foto ilustrasi: Thinkstock Tanda kesepian saat malam tahun baru. Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Saat merayakan malam pergantian tahun, setiap orang punya cara yang berbeda-beda. Ada yang berkumpul bersama keluarga atau teman, ada juga yang santai di rumah. Tapi, mungkin sebagian orang yang sendirian di rumah suka merasa sedih saat melihat momen malam tahun baru teman-teman di media sosialnya.

Menurut psikolog Ayu Mandari, kondisi seperti itu menandakan orang tersebut mengalami kesepian. Rasa itu akan muncul seiring dengan rasa membandingkan keadaan dirinya dengan orang yang sedang dilihatnya di media sosial.

"Sebenarnya, kondisi saat sendiri itu tidak selalu menimbulkan rasa kesepian. Bisa saja memang ingin menikmati quality time sendiri tanpa ada orang lain disekitarnya," kata Ayu saat dihubungi detikcom, Selasa (31/12/19).


"Tapi, jika saat sendiri dan merasa sedih melihat orang-orang terutama temannya di media sosial sedang berkumpul bersama saat tahun baru, itu bisa jadi tanda bahwa orang itu kesepian," imbuhnya.

Ayu mengatakan, saat ada di posisi ini orang tersebut akan lebih rentan terhadap penyakit. Selain penyakit, kondisi psikologisnya juga bisa terganggu.

Berikut beberapa dampak dari kesepian yang ternyata tidak baik untuk kesehatan jiwa seseorang, yaitu:

1. Bisa menurunkan sistem imun sehingga menjadi rentan terkena penyakit.

2. Menjadi lebih sensitif dan rentan mengalami konflik.

3. Bisa memicu stres karena kurangnya motivasi dan semangat.

4. Sulit mengelola stress.

5. Lebih berisiko melakukan perilaku yang tidak wajar untuk menarik perhatian orang di sekitarnya.


Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)