Kamis, 02 Jan 2020 08:45 WIB

7 Tips Awali Tahun Baru dengan Bahagia dan Penuh Percaya Diri

Nurul Khotimah - detikHealth
Tahun baru momen yang tepat untuk memulai hal baru (Foto: iStock)
Jakarta - Memasuki tahun 2020 banyak orang yang membuat resolusi dalam hidupnya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulai resolusi, misal mulai rutin berolahraga. Perubahan tidak hanya berlaku untuk kebugaran tetapi perubahan untuk mengusir hal-hal negatif dalam pikiran juga perlu dilakukan supaya ada semangat baru di tahun baru.

Dr Barton Goldsmith, seorang psikoterapis di Westlake Village, California, memberikan saran untuk menjadi lebih bahagia dengan membuat perubahan termasuk melepaskan hal-hal negatif. Dirangkum dari South China Morning Post berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar tahun baru menjadi awal baru yang lebih bahagia dan bersemangat.

1. Percaya awal yang baru
Setiap perubahan biasanya diawali dengan rasa percaya diri dari orang yang menginginkannya. Dengan percaya bahwa akan ada awal yang baru, cobalah jadikan itu kenyataan dengan mengadopsi pola pikir baru. Sehingga Anda dapat memulai perilaku baru pada awal tahun, seperti mencoba pola hidup yang lebih sehat.

2. Resolusi sebagai proses pertumbuhan
Membuat daftar perubahan yang ingin diwujudkan dalam hidup adalah cara terbaik untuk memulai tahun baru. Namun tidak mengerjakan semuanya sekaligus juga tidak masalah karena ada baiknya dilakukan bertahap.

3. Lepaskan dendam masa lalu
Bagi kebanyakan orang masalah kehidupan sehari-hari terkadang dapat memicu ingatan buruk. Jika Anda memiliki kebiasaan melepaskan emosi negatif secara teratur itu akan meringankan beban Anda pada tahun berikutnya dan tidak menyakitkan perasaan Anda. Oleh karenanya lebih baik melepaskan dendam buruk di masa lalu agar mendapat ketenangan di masa depan.

4. Atur keuangan di awal tahun
Memasuki tahun baru ini mungkin saat yang tepat untuk melakukan perencanaan keuangan, seperti membuat anggaran atau membayar pajak secara teratur. Menyelesaikan masalah keuangan pada awal tahun akan membuat sisanya lebih ringan.



5. Pilih gaya hidup sehat
Hal yang terpenting dari resolusi adalah perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Karena gaya hidup sehat adalah sikap yang berkelanjutan terhadap kehidupan bukan hanya sekali. Tidak hanya dengan rajin berolahraga, tapi juga menjaga pola makan. Dengan begitu keseimbangan akan terjaga dan membatu menyukseskan pola hidup sehat Anda.

6. Maafkan diri sendiri dan cobalah minta maaf
Tidak ada satupun manusia yang sempurna, kita pasti pernah membuat kesalahan. Mungkin kesalahan itu memberatkan, namun berhentilah menyalahkan diri sendiri biarkan masalah itu dan maafkan diri Anda. Ketika membuat kesalahan, cobalah memberanikan diri untuk minta maaf agar rasa penyesalan dan bersalah sedikit berkurang.

7. Menepati janji
Resolusi adalah janji yang Anda buat untuk diri sendiri. Dengan menerapkan janji ini bisa dijadikan sebagai acuan agar setiap resolusi yang telah disusun matang-matang dapat dijalankan sepenuhnya. Layaknya membuat janji dengan orang lain tentu harus ditepati, begitu pula dengan resolusi Anda di tahun mendatang. Namun manusia kerap gagal menepati janji, maka perlu diingat bahwa kita hanya manusia dan perlu keberanian untuk mengakuinya.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)