Kamis, 02 Jan 2020 18:01 WIB

Berjibaku Evakuasi Korban Banjir, Relawan Ini Sampai Telan Minyak

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Tim sar saat sedang evakuasi. (Foto: Nafilah Sri Sagita K)
Jakarta -
Evakuasi korban banjir memiliki beragam kendala. Mulai dari sulitnya akses jalan menuju rumah korban, sampai warga yang enggan untuk dievakuasi. Hal ini seringkali ditemukan Tim Search and Rescue (SAR) saat sedang bertugas menyelamatkan korban banjir.

Salah satunya diceritakan Ali, TIM SAR Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang sudah melakukan evakuasi di beberapa titik daerah Jakarta. Ia mengaku memiliki pengalaman baru yang tak pernah ia temui sebelumnya, yaitu menelan minyak tanah.

"Ada satu rumah warga itu jualan minyak tanah, dan itu ditambah lagi kita ngebujuk orang tuanya, ditambah lagi kita badan berasanya udah minyak aja, kaya gimana juga udah nelen-nelen minyak aja," ujarnya saat ditemui detikcom di Kantor Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur, Kamis (2/1/2020).
Saat ditanya mengenai kondisi kesehatannya, Ali mengaku baik-baik saja karena sudah pernah melakukan pelatihan yang membuatnya siap menghadapi kondisi apa pun.

"Ya alhamdulillah nggak kenapa-kenapa Mbak, jadi relawan kan kita udah siap udah terlatih, nikmatin-nikmatin aja," pungkasnya.


Simak Video "Rawan Hipotermia saat Banjir, Begini Cara Mencegahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)