Kamis, 02 Jan 2020 22:00 WIB

Mendadak Mimpi 'Terpeleset' Saat Tidur, Fenomena Apakah Itu?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Mimpi terpeleset saat tidur, fenomena apa itu? (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Pernahkah kamu bermimpi 'terpeleset' saat tidur lalu mendadak tersentak dan terbangun? Dalam dunia medis, fenomena ini disebut hypnagogic jerk atau hypnic jerk, yang dideskripsikan Healthline sebagai sentakan mendadak saat kita bertransisi antara terjaga dan tertidur.

Fenomena ini bukanlah tanda dari penyakit. Dalam sebuah laporan dalam jurnal Sleep Medicine, peneliti menyebutkan bahwa kedutan atau sentakan ini adalah kejadian umum, terjadi baik pada pria maupun wanita.

"Kedutan ini bisa terjadi tanpa peringatan, atau ada pemicu eksternal seperti suara atau cahaya. Dokter tak yakin apa yang menyebabkan hal ini terjadi, namun ada beberapa pemikiran," demikian dilaporkan situs LiveScience.


Salah satu teorinya adalah hal ini terjadi saat saraf macet saat kamu bertransisi dari terjaga menjadi tidur. Teori lainnya adalah otak kita berpikir rileksnya tubuh kita adalah tanda kita akan terjatuh atau akan mati, sehingga ia berusaha membangunkan kita. Teori yang ini bisa menjelaskan mengapa sentakan ini kerap disertai rasa atau mimpi bahwa kamu terjatuh, atau terpeleset.

Para dokter memikirkan mungkin pemicunya adalah stres, kecemasan, kelelahan, kafein, kebiasaan tidur yang buruk, dan juga aktivitas yang meningkat tepat sebelum tidur, misalnya seperti olahraga malam. Hal-hal ini bisa membuat kondisi hypnic jerk akan semakin sering terjadi.

"Lebih seringnya, hypnic jerk itu normal dan tak perlu dikhawatirkan. Messki begitu, jika sentakan ini, atau kecemasan karena mengalaminya mengganggu tidurmu secara signifikan, kamu harus membicarakannya pada ahli tidur soal kekhawatiranmu," tandas psikolog dan ahli tidur, Michelle Drenup.



Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)