Sabtu, 04 Jan 2020 10:58 WIB

Lina Mantan Istri Sule Meninggal, Ini Tanda Serangan Jantung Pada Wanita

Firdaus Anwar - detikHealth
Mobil pengantar jenazah Lina. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Jakarta - Mantan istri pelawak Sule, Lina, meninggal dunia disebut karena serangan jantung. Terkait hal itu, beberapa ahli mengatakan serangan jantung pada wanita bisa memiliki gejala yang berbeda dari serangan jantung pada umumnya.

dr Sally Aman Nasution, SpPD, K-KV, FINASIM, FACP, dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menjelaskan gejala khas seperti nyeri dada kadang bisa tidak muncul pada wanita yang mengalami serangan jantung. Oleh karena itu kondisi ini rentan terabaikan hingga akhirnya berujung fatal.


"Gejala serangan jantung di wanita punya ciri khas yang berbeda, kadang-kadang pada wanita kayak nggak sakit dada. Kayak ada yang nindihin satu ton, atau cuma bilang nggak nyaman, ada rasa pegal sampai ke punggung gitu, atau sesak jadi dia bilangnya sesak nafas, capek, berkeringat nggak normal, keringat dingin tiba-tiba muncul nggak jelas gitu ya itu hati-hati," ujar dr Sally beberapa waktu lalu.

Selain itu gejala lain yang juga harus diwaspadai adalah nyeri ulu hati seperti sakit maag.

"Mual atau nyeri ulu hati kadang-kadang bisa kalau lokasi jantungnya yang ada di bagian bawah. Jadi orang sering bilang sakit maag. Kirain sakit maag, sakit maag, ternyata itu adalah awal dari serangan jantung," papar dr Sally.

Serangan jantung sendiri adalah kondisi saat erjadi gangguan pada aliran darah ke jantung, biasanya karena ada penyumbatan pembuluh darah. Bila serangan jantung tidak ditangani dengan baik maka dapat berujung pada kejadian henti jantung.



Simak Video "Yuk Belajar CPR, Pertolongan Pertama Henti Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)