Senin, 06 Jan 2020 14:32 WIB

Wabah Pneumonia 'Misterius' Gemparkan China, Mungkinkah Masuk Indonesia?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Wabah pneumonia 'misterius' di China membuat negara lain di Asia ikut waspada (Foto: iStock)
Jakarta - Wabah pneumonia 'misterius' yang tak diketahui sebabnya terjadi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei China. Kementerian Kesehatan RI sampai mengeluarkan imbauan untuk tetap tenang dan tidak panik, karena risiko penularan tetap ada meski China jauh dari Indonesia.

"Sebenarnya kalau seberapa besar, tetap kita memiliki risiko. Karena zaman sekarang orang mobilisasi tinggi ya, Orang jalan-jalan ke China, ke Hongkong jadi tetap ada," kata dokter paru dari RSP Persahabatan, dr Diah Handayani, SpP(K) saat dihubungi detikcom, Senin (6/1/2019).

Karenanya, pemerintah dinilainya sudah tepat untuk memberikan warning bagi warga yang baru kembali dari China.

"Kalau misalnya begitu pulang dia demam, batuk, sesak dia harus ke puskesmas atau ke rumah sakit dan menceritakan riwayat perjalanan," lanjutnya.



Penanganan yang cepat akan mencegah penularan pada orang lain. Namun bila setelah sembuh dari penyakit ini, jika gejala-gejala pneumonia muncul kembali, maka patut diwaspadai.

"Apalagi pada yang baru flu satu hari lalu sesak pada hari kedua, itu jadi tanda-tanda pneumonia yang berat," ucap dr Diah.

dr Diah juga menjelaskan berbagai faktor yang bisa terjadi terhadap penularan wabah pneumonia China ini, seperti bepergian ke wilayah yang mengalami wabah dan begitu juga sebaliknya, sehingga terjadinya kontak langsung.

Hal ini umumnya diatasi dengan dilakukannya pelarangan bagi orang-orang yang memang dari wilayah terdampak untuk melakukan bepergian. Tak hanya di China, di Indonesia pun melakukan imbauan di berbagai tempat seperti bandara dan juga pelabuhan yang menjadi tempat keluar masuknya orang dari luar dan dalam negeri.

"Biasanya kalau kejadian seperti ini kita mengimbau, apalagi Anda yang berasal dari negara infeksi dan mengalami demam segera periksa, itu yang jadi kunci utama," pungkasnya.



Simak Video "Taiwan Desak China Beberkan Detail Wabah Virus Korona Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)