Selasa, 07 Jan 2020 16:10 WIB

Korban Perkosaan Reynhard Sinaga Bisa Trauma Berat, Ini Alasannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Korban Reynhard alami trauma berat. Foto: Facebook via The Guardian
Jakarta - Reynhard Sinaga terbukti bersalah telah memperkosa 48 pria di Inggris. Meski dampak yang muncul sama dengan yang terjadi pada wanita, korban pria seperti ini bisa mengalami trauma tambahan.

"Relatif (dampak trauma). Tetapi dengan kondisi bahwa mereka umumnya adalah pria heteroseksual yang diperkosa oleh homoseksual memberikan trauma tambahan. Pasti merasa terhina," kata psikolog klinis Kasandra Putranto dari Kasandra & Associate pada detikcom, Selasa (7/1/2020).

Selain itu, efek trauma yang dialami juga bisa sangat mengganggu kehidupan sosial para korban. Efeknya sangat beragam, bisa berbeda-beda pada setiap orang.


"Bisa berbeda-beda tiap orang dan sangat beragam. Mulai dari suicidal (bunuh diri) sampai gangguan interaksi dan hubungan (sosial)," jelasnya.

"Bahkan sampai gangguan emosi," imbuhnya.

Menurut spesialis kejiwaan dari RSJ Marzoeki Mahdi, dr Lahargo Kembaren, SpKJ, para pria yang menjadi korban kekerasan seksual akan merasa khawatir dan berpikir mengenai maskulinitas hingga seksualitas.

"Secara khusus pada laki-laki yg menjadi korban kekerasan seksual, mereka merasa khawatir dan berpikir mengenai maskulinitas, seksualitas, khawatir pendapat orang yang akan menganggap mereka homoseksual dan fakta bahwa mereka tidak bisa mencegah kekerasan seksual tersebut," katanya.



Simak Video "Ramai Soal Reynhard Sinaga, Ini Ciri-ciri Predator Seks"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)