Rabu, 08 Jan 2020 17:30 WIB

Rutin Konsumsi Yogurt Bisa Turunkan Risiko Kanker Usus Besar

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Konsumsi yogurt untuk kesehatan usus. (Foto: iStock)
Jakarta - Yogurt diketahui memiliki fungsi melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, ternyata mengonsumsi yogurt juga bisa menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

Ahli Kanker dari Fakultas Kedokteran Andalas, Padang, dr Noza Hilbertina, M Biomed, SpPA mengatakan kandungan probiotik atau mikroorganisme baik pada yogurt yang membuat seseorang terhindar dari risiko kanker usus besar.


"Yogurt banyak mengandung probiotik, dia akan mengakibatkan probiota (mikroorganisme hidup) di dalam usus itu pada kondisi yang normal," kata dr Noza saat ditemui detikcom, pada Rabu (8/1/2020).

"Jadi lebih dia menjaga bagaimana mikroba-mikroba normal yang ada di usus besar itu tetap pada kondisi yang normal," ucap dr Noza.

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Washington juga menunjukkan konsumsi yogurt dua sampai tiga kali dalam seminggu dianggap mampu menurunkan risiko adenoma pada pria. Adenoma merupakan polip atau benjolan kecil yang tumbuh pada bagian dalam usus besar yang akan berkembang menjadi kanker.



Simak Video "Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)