Kamis, 09 Jan 2020 05:57 WIB

Bangun Tidur Harus Ngulet Dulu? Belum Tentu Malas, Bisa Jadi 'Dysania'

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Mau bangun harus ngulet dulu? (Foto: iStock) Mau bangun harus ngulet dulu? (Foto: iStock)
Jakarta - Kesulitan bangun tidur di pagi hari biasanya terjadi karena kelelahan. Namun tahukah kamu? Gejala dysania juga bisa jadi penyebabnya. Apa itu dysania?

Dysania adalah kondisi yang menyebabkan kamu sulit beranjak dari tempat tidur. Selain sulit beranjak dari tempat tidur, pengidap dysania juga merasa cemas ketika meninggalkan tempat tidurnya. Ketika meninggalkan tempat tidur, pengidap dysania akan benar-benar merindukan tempat tidurnya sehingga ingin segera kembali tidur.

Pengidap dysania ini rupanya disebabkan karena kondisi kesehatan mental yang terganggu.

"Ini adalah perilaku yang kadang-kadang terlihat pada mereka yang menderita gangguan depresi berat," jelas Dr Mark Salter dari Royal College of Psychiatrists, dikutip dari The Sun.



Lalu, bagaimana cara menghilangkan dysania?

Meskipun tidak ada pengobatan medis atau penyembuhan bagi mereka yang menderita dysania, ada beberapa langkah kecil yang dapat dicoba untuk mengurangi gejalanya, seperti berikut:

1. Pakai aplikasi siklus tidur

Coba untuk gunakan aplikasi siklus tidur. Hal ini bisa membantumu untuk melihat apakah siklus tidurmu benar-benar kurang, atau malah berlebihan. Maka dari itu, nantinya kamu akan mulai menyadari apakah selama ini kamu tidur karena kelelahan, atau karena gejala dysania.

2. Tidur jauh lebih awal dari biasanya

Ketika kamu terbiasa tidur tengah malam, coba untuk majukan waktu tidurmu satu jam lebih awal. Hal ini dapat menghindari gejala dysania berlangsung secara berkepanjangan.

3. Gunakan alarm yang berbeda

Jika kedua hal tadi benar-benar tidak bisa membuatmu terbangun dari tempat tidur. Coba untuk pasang alarm yang berbeda. Sebisa mungkin, jauhkan alarm dari tempat tidurmu agar membantu kamu untuk segera beranjak dari tempat tidur.



Simak Video "Lebih Baik Tidur dengan Lampu Terang atau Temaram?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)