Sabtu, 11 Jan 2020 12:05 WIB

Ramai Soal Siwi Sidi, Memang Seperti Apa Ciri Orang yang Pernah Oplas?

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Pramugari Siwi polisikan akun @digeeembok (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Pramugari Garuda Siwi Widi Purwanti atau dikenal sebagai Siwi Sidi melakukan jumpa pers menjawab berbagai tuduhan yang dilayangkan padanya. Ia juga sempat membahas soal operasi plastik (oplas) yang kerap jadi bahan cibiran netizen.

"Setiap orang ingin cantik loh. Kita kan pribadi dan enggak merugikan orang lain itu aja sih," kata Siwi di Elza Syarief Law Office, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Di media sosial beberapa netizen kerap membandingkan berbagai foto yang diklaim sebagai Siwi. Terkait hal tersebut, sebenarnya bisakah kita melihat ciri-ciri orang yang melakukan oplas?


Menurut pakar bedah plastik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Aditya Wardana, SpBP, hasil oplas yang baik secara umum akan sulit dikenali oleh orang awam. Seseorang mungkin baru bisa mengenalinya setelah mengenal dekat dan bergaul cukup lama dengan orang yang dicurigai melakukan oplas.

Sebagai contoh bila selama ini dagu seseorang biasa saja tapi kemudian mendadak ada belahan, maka bisa diduga itu adalah hasil oplas. Begitu juga dengan implan payudara. Daripada mencari-cari bekas luka operasi, payudara oplas bisa dikenali dengan melihat perubahan ukuran secara drastis dan tidak wajar.

"Hasil bedah plastik pada umumnya akan terlihat sama seperti aslinya dan tidak ada ciri-ciri khusus yang dapat dilihat. Untuk kaum awam yang bukan dokter bedah plastik biasanya tidak akan melihat jelas perbedaan antara yang asli dan bekas operasi," kata dr Aditya beberapa waktu lalu.



Simak Video "Mengapa Operasi Plastik Hasilnya Kadang Tak Memuaskan?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)