Sabtu, 11 Jan 2020 15:47 WIB

Wanita Rentan Terkena Kanker Serviks Pada Usia Berapa? Ini Kata Dokter

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Kanker serviks disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Foto: Thinkstock
Jakarta - Data World Health Organization (WHO) tahun 2014 menunjukkan, terdapat 92 ribu kasus kematian wanita di Indonesia disebabkan oleh kanker. Sekitar 10 persen diantaranya akibat kanker serviks.

Dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Kramat 128, Dr dr Gatot Purwoto, SpO(K) OnK, mengatakan paling banyak wanita terkena kanker serviks pada usia 45 tahun.

"Kebanyakan dia muncul di umur 45, tapi rentannya itu sudah mulai sampai umur 22 sampai 24 sudah ada yang terkena kanker serviks," kata dr Gatot saat ditemui detikcom, Sabtu (11/1/2020).


Umumnya penderita tidak mengetahui bahwa ia terkena kanker serviks. Sebab, kebanyakan penyakit ini tidak ada gejala-gejala khusus pada tahap awal infeksi.

"Pada dasarnya dia sudah terinfeksi dari awal dan kemudian muncul terdeteksi sebagai kanker serviks. Bisa pada saat umur-umur pasien itu periksa, tapi paling banyak di sekitar umur 45," ucap dr Gatot.

dr Gatot pun menjelaskan faktor-faktor risiko wanita bisa terkena kanker serviks.

"Pertama, anak banyak itu menjadi faktor, kawin di usia muda, mungkin terjadi infeksi karena menderita penyakit menular seksual lain. Jadi dia mempunyai lebih rentan terhadap kanker serviks," tuturnya.



Simak Video "Pentingnya Lakukan Vaksinasi HPV Sebelum Menikah"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)