Minggu, 12 Jan 2020 15:18 WIB

Terpopuler: 11 Kondisi Kesehatan Tanda Ajal Sudah Dekat

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
11 kondisi kesehatan tanda ajal mendekat. Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Setiap makhluk hidup pasti akan mengalami yang namanya kematian, tak terkecuali pada manusia. Banyak hal yang bisa menjadi pertanda mendekatnya waktu kematian, seperti mimpi, firasat, ataupun kondisi lainnya.

Selain itu, orang yang menderita penyakit parah dan mendapat kemungkinan kecil untuk hidup juga biasanya menjadi pertanda ajal semakin dekat. Untuk mengetahuinya, berikut 11 kondisi kesehatan yang dikutip dari laman Medical News Today, yang diyakini menjadi tanda ajal sudah dekat.

1. Nafsu makan berkurang

Tubuh seseorang yang akan meninggal akan menjadi lebih kurang aktif dan nafsu makannya mungkin akan menurun. Di saat seperti ini, mereka akan berhenti untuk makan atau minum secara drastis karena hilangnya nafsu makan.

Jika ini terjadi pada orang terdekat atau yang paling kamu cintai, biarkan mereka makan saat merasa lapar. Saat mereka benar-benar berhenti makan, jaga kondisi bibirnya agar tetap lembab dengan lip balm. Ini akan membuat mereka tidak nyaman dan akan kembali makan, walaupun sedikit.

2. Banyak tidur

Dalam kurun waktu dua sampai tiga bulan sebelum seseorang meninggal, mereka mungkin akan lebih banyak tidur dari biasanya. Saat itu terjadi, kondisi metabolisme mereka akan lebih lemah dan tidak berenergi.

Bila ini terjadi, biarkan mereka tidur dan buat keadaannya senyaman mungkin. Kamu bisa juga mengajaknya sesekali untuk pindah atau turun dari tempat tidur agar menghindari luka baring.

3. Kurang sosial

Biasanya saat seseorang sudah mendekati ajalnya, energinya akan banyak berkurang sehingga tidak ingin menghabiskan banyak waktunya dengan orang lain. Kamu tidak perlu tersinggung jika ini terjadi. Hal ini memang lazim terjadi pada orang yang akan meninggal ataupun sakit parah saat bertemu orang lain. Agar bisa membuatnya nyaman, coba atur waktu kunjungan saat ingin bertemu.

4. Tanda-tanda vital berubah

Saat mendekati kematian, akan muncul beberapa tanda vital pada diri seseorang, mulai dari turunnya tekanan darah, perubahan pola pernapasan, detak jantung jadi tidak teratur dan sulit dideteksi, bahkan urine yang berubah warna menjadi coklat. Adanya perubahan warna urine ini terjadi akibat fungsi ginjal yang sudah tidak baik lagi.

5. Jarang ke toilet

Kebiasaan makan dan minum yang lebih sedikit pada orang yang sekarat membuat gerakan pada ususnya berkurang. Tidak hanya itu, kebiasaan mereka untuk buang air kecil dan besar juga berkurang. Meski merasa sedih, coba konsultasikan keadaan tersebut ke rumah sakit. Hal ini dilakukan agar dapat memberikan kateter untuk orang tersebut supaya membantunya dalam buang air.

Selanjutnya
Halaman
1 2