Minggu, 12 Jan 2020 18:03 WIB

5 Tips Merawat Spons Mandi Agar Tak Jadi Sarang Bakteri

Nurul Khotimah - detikHealth
Tips merawat spons alat mandi agar tetap bersih dari bakteri. Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Beberapa orang memilih mandi dengan menggunakan spons mandi. Spons membantu kita membersihkan kotoran dan sel kulit mati dari tubuh. Alih-alih menjadikan tubuh lebih bersih dengan spons, kotoran dan sel kulit mati malah menumpuk di spons. Dengan begitu bakteri bisa saja tumbuh di dalamnya.

Dikutip dari Times of India, sebuah studi pada 1994 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Microbiology menemukan bahwa spons dapat menularkan spesies bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan membuatnya berbahaya bagi orang dengan sistem kekebalan yang lebih lemah.

Meski begitu jika kamu tetap ingin menggunakan spons saat mandi cobalah merawatnya dengan baik. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah spons menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.


1. Keringkan dan simpan di tempat terbuka

Setiap setelah menggunakannya, jangan tinggalkan di kamar mandi begitu saja. Tapi sebaiknya digantung di suatu tempat di bawah sinar matahari atau tempat dengan aliran udara yang dapat mengeringkannya.

2. Hindari penggunaan selama beberapa hari setelah kamu bercukur

Setelah mencukur bulu kaki atau tangan sebaiknya tidak menggunakan spons saat mandi dalam beberapa hari. Karena bakteri dapat masuk ke kulit melalui pori-pori. Jadi kamu dianjurkan untuk tidak menggunakan spons selama beberaoa hari setelah mencukur bulu kaki atau tangan.

3. Hindari area wajah

Jangan gunakan di wajah atau area genital. Bagian-bagian tubuh ini sensitive terhadap infeksi.

4. Bersihkan setiap minggu

Agar spons terhindar dari bakteri sebaiknya dibersihkan setidaknya seminggu sekali. Caranya, bisa dengan merendam dalam larutan pemutih cair selama lima menit dan kemudian bilas sampai bersih.

5. Ganti secara teratur

Jika kamu memiliki spons dengan bahan alami, kamu perlu menggantinya setiap 3-4 minggu sekali. Tapi jika kamu memiliki spons dengan bahan plastic, biasanya itu akan bertahan selama dua bulan. Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan kebersihannya. Apabila sebelum waktunya ganti tapi sudah terlihat ada jamur atau bau tidak enak segeralah menggantinya.


Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)