Senin, 13 Jan 2020 14:30 WIB

Suhu Normal Tubuh Tak Lagi 37 Derajat Celcius, Mungkin Ini yang Bikin 'Adem'

Nurul Khotimah - detikHealth
Suhu tubuh manusia moderen disebut makin rendah (Foto: iStock)
Jakarta - Baru-baru ini sebuah penelitian mengungkapkan bahwa suhu tubuh manusia normal bukan lagi 37 derajat celcius. Saat ini suhu tubuh normal manusia yang disimpulkan dari penelitian adalah 36,6 derajat celcius alias lebih dingin. Suhu tubuh normal menurun sekitar 0,03 derajat celcius atau 0,05 derajat fahrenheit per dekade kelahiran.

Ada beberapa faktor yang mungkin memengaruhi perubahan suhu tubuh normal manusia. Belum jelas bagaimana alasannya, tapi para ilmuan menyarankan agar adanya perbaikan dalam sanitasi dan perawatan gigi serta medis. Ini karena dapat mengurangi peradangan kronis. Suhu konstan dipertahankan oleh pemanasan modern dan pendinginan suhu udara telah membantu menurunkan tingkat metabolisme sementara.

Penelitian ini dilakukan oleh ilmuan di Stanford University dari 2007-2017 pada warga Amerika Serikat. Dr Julie Parsonnet, seorang profesor kedokteran di Stanford, menawarkan dua bukti bahwa penurunan itu bukan hanya akibat termometer versi lama yang kurang memadai. Tapi pertama, karena penurunan suhu tubuh terlihat dalam set data yang lebih modern. Serta termometer yang digunakan mungkin lebih andal.



Kedua, orang yang lebih tua ditemukan memiliki suhu tubuh lebih tinggi daripada orang yang lebih muda dan diukur pada tahun yang sama. Itu berarti mengubah termometer saja tidak dapat menjelaskan efek penurunan suhu tubuh normal.

"Penjelasan yang paling mungkin dalam pandangan saya adalah bahwa, secara mikrobiologis, kita adalah manusia yang sangat berbeda dari sebelumnya," kata Parsonnet, dikutip dari New York Times, Senin (13/1/2020).

Personnet menambahkan bahwa orang-orang modern memiliki lebih sedikit infeksi, berkat vaksin dan antibiotik, sehingga sistem kekebalan tubuh kita kurang aktif dan jaringan tubuh kita kurang meradang. Jika itu benar suhu tubuh normal juga seharusnya turun di negara-negara lain di mana kesehatan masyarakat telah meningkat.

Meski begitu, Personnet mengatakan bahwa penurunan suhu tubuh normal akan ada batasnya dan tidak mungkin turun hingga nol derajat.



Simak Video "Viral Dokter Ragukan Termometer Tembak, Banyak yang Alami Serupa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)