Selasa, 14 Jan 2020 16:43 WIB

Viral Remaja Bercumbu di Tempat Umum, Netizen Sayangkan Mengapa Tak Ditegur

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dalam situasi tersebut, banyak orang lebih memilih memviralkan daripada menegur (Foto: iStock)
Jakarta - Viral video diunggah di media sosial Twitter yang menunjukkan remaja terlihat bercumbu di tempat umum. Video yang berdurasi sekitar 14 detik tersebut dan diunggah oleh akun @i**ya*di mendapat respons cukup beragam dari warganet.

Selain menyesalkan aksi yang dilakukan remaja tersebut, tidak sedikit netizen menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh pengunggah video.

"Kalo emang ngerasa ini gak bener, tegur. Ngerecord lalu nyebarin gini malah bakal jadi persekusi dan online bullying," tulis akun @rebor**les*ing

Salah satu pengguna juga menyebut apa yang dilakukan remaja di video memang tidak benar namun merekam dan menyebarkan pun tidak bisa dibiasakan. Sebab hanya bersifat persekusi dan memicu perundungan.



"Daripada direkam gitu mending langsung kasih tau utk tidak bermesraan di tempat umum," celetuk akun @*enibi*tara

Kedua remaja yang ada dalam video tersebut bisa menjadi korban cyberbullying. Spesialis kejiwaan dr Andri, SpKJ, FACLP dalam satu kesempatan menyebut perilaku cyberbullying muncul karena masalah rasa kurang kesadaran dan empati bermedia sosial.

Menurutnya saat ini banyak orang yang sering mengunggah foto, video atau berkomentar tentang sesuatu tanpa pikir panjang dan tidak memperhatikan efek dari tindakan tersebut.

"Ini seringkali kita enggak ada empatinya. Saya jujur mengatakan banyak di antara kita ini tidak berempati. Mengapa? Karena kita sendiri tidak memikirkan kalau itu terjadi pada diri kita," kata dr Andri.

Menurutmu, lebih baik ditegur atau diviralkan saja biar kapok?



Simak Video "Kata Psikolog Soal Siswi di Sulsel Dilecehkan Beramai-ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)