Selasa, 14 Jan 2020 17:29 WIB

Remaja Bercumbu di Tempat Umum, Ditegur atau Diviralkan? Ini Kata Psikolog

Sarah Oktaviani Alam, Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Zaman sekarang, sedikit-sedikit langsung viral (Foto: thinkstock) Zaman sekarang, sedikit-sedikit langsung viral (Foto: thinkstock)
Jakarta - Viral video diunggah di media sosial Twitter yang menunjukkan remaja terlihat bercumbu di tempat umum. Video yang berdurasi sekitar 14 detik tersebut dan diunggah oleh akun @i**ya*di mendapat respon cukup beragam dari warganet.

Selain menyesalkan aksi yang dilakukan remaja tersebut, tidak sedikit netizen menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh pengunggah video.

Menanggapi hal ini, Anastasia Satriyo, Psikolog Tiga Generasi menjelaskan hal itu terjadi karena budaya Indonesia tidak memiliki kebiasaan menyelesaikan masalah secara terbuka.

"Makanya orang suka suka gosip dan nyinyir jadi attitude untuk mengkomunikasikan ketidaksukaan secara langsung dengan komunikasi yang sehat atau komunikasi asertif itu kurang ada. Makanya kalau di dunia kerja sering ada pelatihan tentang komunikasi asertif seperti ini," jelasnya saat dihubungi detikcom, Selasa (14/1/2020).

Menurutnya, pemicu hal tersebut juga dikarenakan orang cenderung mengutamakan kepentingan konten di sosial medianya, demi mendapat keuntungam pribadi.

"Nah di zaman sosmed masih sama nggak terbiasa mengkomunikasikan ketidaksukaan secara terbuka tapi pakai cara pasif-agresif dengan rekam dan share konten, selain itu yang bersangkutan jadi punya konten atau bahan untuk share sesuatu ke dunia maya," pungkasnya.

Pendapat senada juga disampaikan psikolog klinis Anna Surti Ariani. Nina, sapaan akrabnya, menilai perekam seharusnya mengarahkan pelaku untuk melakukan hal yang lebih positif.

"Kalo emang ngerasa ini gak bener, tegur. Ngerecord lalu nyebarin gini malah bakal jadi persekusi dan online bullying," tulis akun @rebor**les*ing.

Nina menyayangkan perilaku yang diambil si perekam untuk merekam dan menyebarkannya di media sosial. Menurutnya, tindakan yang diambil si perekam malah membuat malu.

"Aku gemes aja sama orang-orang yang suka memviralkan sesuatu, tapi sesungguhnya nggak melakukan apapun hanya membuat malu. Sayang banget," imbuhnya.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)