Rabu, 15 Jan 2020 14:01 WIB

Kata Dokter Soal Penyebab Skoliosis, Generasi Milenial Rentan Lho

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Generasi milenial rentan terkena skoliosis. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Viralnya thread pada akun Twitter @hannyfauzyalina tentang skoliosis yang diidapnya ternyata menjadi pengetahuan dan kewaspadaan untuk para generasi milenial. Kenapa? Karena ternyata skoliosis rentan terjadi di usia muda.

Dokter spesialis orthopedi tulang belakang RSUP Hasan Sadikin Bandung, dr Ahmad Ramdan, SpOT(K), mengatakan kelainan tulang belakang skoliosis itu sangat rentan terhadap generasi muda atau milenial. Hal ini karena adanya 'bakat' yang dimilikinya sejak lahir.

"Umumnya, skoliosis ini akan terlihat saat mulai beranjak remaja atau pubertas atau orang muda lah barulah itu muncul. Biasanya itu didukung adanya bakat atau memang bawaannya sejak lahir," katanya saat dihubungi detikcom, Rabu (15/1/2020).

Saat ditanya penyebab utamanya, dr Ahmad mengatakan masih belum diketahui secara pasti. Ada yang berpendapat karena genetik, gangguan pertumbuhan saat dalam kandungan, bahkan karena proses hormonal.

"Tapi ya sampai sekarang belum ada buktinya. Tapi, perlu diingat biasanya skoliosis itu proporsinya lebih banyak pada perempuan daripada laki-laki, perbandingannya 1:4," jelas dr Ahmad.

Selain itu, skoliosis juga bisa cepat terjadi karena kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari, bahkan tidak disadari. Misalnya seperti, sering mengangkat beban berat dengan posisi yang tidak sesuai, duduk dengan posisi miring, dan kebiasaan lain yang melibatkan tulang belakang.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)