Kamis, 16 Jan 2020 09:03 WIB

Sule Dikabarkan Akan Menikah Lagi, Seberapa Cepat Seseorang Bisa Move On?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Komedian Sule dikabarkan akan menikah lagi (Foto: Dony Indra Ramadhan) Komedian Sule dikabarkan akan menikah lagi (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Jakarta - Komedian Entis Sutisna atau lebih akrab disapa Sule dikabarkan akan segera menikah lagi. Hal ini dibenarkan oleh pengacaranya, Dose Hudaya.

"Iya benar," kata Dose Hudaya, saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (16/1/2020).

Sebelumnya, bahtera rumah tangga yang dibina Sule bersama mendiang Lina Jubaedah selama 21 tahun kandas di meja hijau. Keduanya sepakat untuk bercerai.

Mengakhiri hubungan tak semudah yang dibayangkan. Terlebih jika salah satu pasangan masih memiliki perasaaan. Meski patah hati dan perceraian seperti akhir dari dunia, kabar baiknya rasa sakit itu tak akan bertahan selamanya dan pasti akan membuat seseorang bisa jatuh cinta lagi.


Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Positive Psychology yang dikutip dari The Independent, butuh 11 minggu atau sekitar 3 bulan untuk merasa lebih baik setelah hubungan berakhir atau move on.

Ada pula jurnal lain yang menemukan bahwa membutuhkan waktu kurang lebih 18 bulan untuk benar-benar move on setelah perceraian pernikahan.

Meski demikian, tidak ada batas waktu yang ditentukan untuk pulih karena ada beberapa faktor yang mendasari cepat atau lambatnya seseorang bisa move on. Lamanya hubungan, pengalaman dan kenangan yang dimiliki, memiliki anak, pengkhianatan dan kedalaman emosi, semuanya bisa berperan dalam proses penyembuhan.

Namun yang perlu diingat, hanya karena pasangan memutuskan mengakhiri hubungan, tidak berarti seseorang tak pantas dicintai. Daripada berfokus pada apa yang salah, lebih baik luangkan waktu untuk membuat diri merasa lebih baik dan move on.



Simak Video "Apa Sih Quarter Life Crisis?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)