Kamis, 16 Jan 2020 12:30 WIB

Kerangka di Bandung Tak Tercium Bau, Bagaimana Bau Mayat Sebenarnya?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Bau mayat saat mengalami pembusukan. Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Polisi masih menyelidiki terkait temuan kerangka manusia yang duduk di sofa rumah kosong di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kapolsek Margahayu Kompol Agus Wahidin mengatakan, warga sekitar tidak pernah merasa ada hal yang mencurigakan dari rumah tersebut.

"Saya sudah tanya ke tetangganya, itu tidak pernah ada hal yang mencurigakan," ucapnya pada Kamis (16/1/2020).

"Tidak mencium bau apa-apa karena di situ banyak selokan kurang bersih, ya karena mungkin lebih bau selokan. Kemudian saya tanya, kalau ada bangkai banyak lalat, enggak pernah katanya," ujar Agus, salah satu warga.

Umumnya, manusia yang sudah meninggal dan menjadi mayat akan mengeluarkan bau menyengat saat mengalami pembusukan atau penguraian. Hal itu disebabkan oleh mikroorganisme yang menciptakan berbagai jenis gas selama tahap dekomposisi tubuh manusia, hingga menyebabkan bau.

Selama tahap pembusukan, gas-gas yang terperangkap di dalam tubuh mulai menguap dan mengeluarkan bau. Gas yang dikeluarkan memiliki bau yang berbeda-beda. Dikutip dari Aftermath, berikut ini senyawa yang sebabkan bau khas mayat yang bisa dikenali.

1. Bau kadaverin dan putresin. Senyawa ini mengeluarkan bau seperti daging busuk, seperti saat orang menemukan mayat pada umumnya.

2. Skatole ini adalah senyawa yang baunya menyerupai bau kotoran, tapi lebih kuat dari pada umumnya.

3. Indole, senyawa ini baunya mirip seperti kapur barus. Tapi, saat dihirup baunya lebih tajam dan menusuk.

4. Hidrogen sulfida merupakan senyawa yang mengeluarkan bau seperti telur yang busuk.

5. Methanethiol ini baunya mungkin lebih familiar seperti saat mengunjungi pasar tradisional. Baunya menyerupai kubis atau kol yang sudah membusuk.

6. Dimethyl disulfide dan trisulfide adalah senyawa kimia yang berbau busuk, menyerupai bau bawang putih.



Simak Video "Resep dan Cara Meracik Jamu Kunyit Asam"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)