Kamis, 16 Jan 2020 16:33 WIB

Penyebab Kanker Serviks, Bisakah HPV Dimatikan Hanya Pakai Sabun?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sabun saja tak cukup untuk membunuh HPV penyebab kanker serviks (Foto: thinkstock)
Jakarta - Faktor terbesar terjadinya kanker serviks adalah adanya infeksi HPV (human Papillomavirus). Virus ini memang akan menginfeksi mulut rahim melalui hubungan seksual.
Lalu apakah HPV bisa dimatikan hanya dengan pakai sabun?

Ahli onkologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Dr dr Arie Munandar, SpOnk Rad mengatakan penggunaan sabun tidak akan efektif membunuh HPV.

"Penyebaran HPV itu sendiri kan dia masuk ke dalam sel mulut rahim," kaya dr Arie saat ditemui detikcom, di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Kamis (16/1/2020).


"Sabun atau zat pembersih itu tidak benar-benar membersihkan ke dalam sana. Sehingga HPV memang tidak mudah mati dengan sabun," lanjutnya.

dr Arie juga menjelaskan, HPV akan hilang dengan sendirinya, apabila wanita tersebut memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

"Namun ketika mendapatkan paparan dari virus HPV ini secara terus-menerus, nantinya akan berkembang jadi sel kanker," ucap dr Arie.

Meski begitu, pencegahan akan lebih baik untuk dilakukan. Sebab HPV tidak akan mudah hilang atau mati.

"Saat ini kalau sudah terinfeksi HPV dia tidak akan hilang, tergantung tadi. Dia bisa hilang secara alami tergantung imunitas tubuh atau ketika sebelum terinfeksi HPV sudah melakukan vaksin Anti HPV," pungkasnya.



Simak Video "Pentingnya Lakukan Vaksinasi HPV Sebelum Menikah"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)