Jumat, 17 Jan 2020 10:35 WIB

Bocah Ini Infeksi Parah karena Usus Tertusuk Gagang Sikat Toilet

Nurul Khotimah - detikHealth
Seorang bocah mengalami infeksi karena ususnya tertusuk gagang sikat toilet (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang bocah laki-laki berusia 12 tahun tergelincir di kamar mandi dan tak sengaja tertusuk sikat WC. Kecelakaan ini terjadi pada 22 Mei 2019 lalu.

Menurut China Press, bocah tersebut berasal dari Kota Nantong, Provinsi Jiangsu di China. Ia terpeleset saat mandi dan jatuh ke arah sikat toilet yang ada dekat dinding kamar mandi. Alhasil gagang sikat menusuk anusnya dan menyebabkan luka parah.

Mengutip dari World of Buzz, gagang sepanjang 10 cm juga telah merusak ususnya dan menyebabkan kotorannya masuk ke rongga perut. Hal ini membuatnya mengalami infeksi perut dan gejala lain seperti sakit perut, muntah, demam tinggi bahkan syok septik.

Ia dilarikan ke rumah sakit untuk dilakukan operasi laproskopi. Ini adalah operasi yang dilakukan di perut atau panggul menggunakan sayatan kecil dengan bantuan kamera.



Ahli bedah melihat daerah perut dan panggul dipenuhi banyak tinja sehingga butuh waktu untuk membersihkan feses dan menemukan lubang yang tertusuk gagang sikat. Untuk menghindari infeksi, para dokter melakukan Kolostomi. Ini mengharuskan bocah itu buang air besar sementara melalui dinding perut dengan bantuan kantong eksternal.

Operasi berhasil dilakukan setelah empat jam lamanya. Tapi bocah itu belum sembuh total karena ia masih mengalami demam tinggi. Hingga berbulan-bulan akhirnya bocah itu bisa pulih dan pulang pada Januari 2020. Ia pun sudah bisa buang air besar secara normal lagi.



Simak Video "Imbauan PM Korea Selatan Susul Lonjakan Jumlah Infeksi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)