Sabtu, 18 Jan 2020 16:02 WIB

Saran Psikolog Soal Menegur Penumpang KRL yang 'Ngangkang' Makan Tempat

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Saran psikolog bagi yang suka duduk ngangkang di kereta. Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth
Jakarta - Pernahkah kamu melihat penumpang KRL yang sedang asyik duduk sambil ngangkang? Terkadang kebiasaan itu bisa mengganggu orang lain lho.

Psikolog Ratih Zulhaqqi, MPsi, dari RaQQi - Human Development & Learning Centre, mengingatkan perlunya kesadaran pada masyarakat dalam menggunakan transportasi publik.

"Dia harus paham kalau lagi pakai transportasi publik ketika dia duduk ngangkang kan otomatis space yang dia butuhkan lebih besar," kata Ratih kepada detikcom, Jumat (17/1/2020).


"Nah di situ kan berarti harus berempati, bahwa oh iya orang lain tuh butuh kalau saya ngerapatin kaki mungkin jadinya lebih enak nih ke orang lain," lanjutnya.

Terkecuali kalau kondisi KRL sedang kosong, mungkin kamu bisa mencoba posisi duduk sesukamu. Namun tetap perlu memperhatikan etika kesopanan, karena kamu menggunakan transportasi publik.

Ratih pun mengatakan, meski terkadang ada penumpang yang terlihat sedang tidur, tapi mengganggu kenyamanan orang lain, maka diperbolehkan untuk ditegur.

"Ngingetin boleh tapi kita nggak bisa maksa. Kalau kondisi kaya gitu iya udah berarti dia emang nggak mau berbagi dan itu haknya dia, selama dia duduk di kursi yang bukan prioritas, kita nggak bisa paksa," pungkasnya.



Simak Video "Tips dr Reisa Agar Aman Naik KRL saat Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)