Sabtu, 18 Jan 2020 17:00 WIB

Begal Payudara Terjadi Lagi, Ini Saran Psikolog Bila Jadi Korban

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi payudara. Foto: Istock
Jakarta - Begal payudara kembali terjadi. Kali ini, polisi menangkap pelaku begal payudara di Bekasi Utara, Jawa Barat. Aksi tersebut terekam video CCTV, dan viral di media sosial.

"Polisi menangkap 1 orang yang diduga melakukan tindak pidana dengan kekerasan asusila di muka umum (dengan) modus begal payudara," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Sabtu (18/1/2020).

Pelaku begal payudara di Bekasi bernama Denny Hendrianto yang berusia 22 tahun. Pelaku begal payudara ini ditangkap pukul 23.00 WIB, Jumat (17/1) di Pondok Ungu Permai, Bekasi.

Sebelum aksi ini, begal payudara kerap kali terjadi. Maka dari itu, wanita perlu waspada, dan selalu memerhatikan lingkungan sekitar. Namun, jika kita sedang berhadapan dengan situasi ini, apa ya yang harus dilakukan pertama kali?


Wanita bisa melakukan beragam cara untuk membela diri. Psikolog klinis dari Personal Growth, Felicia Ilona Nainggolan, MPsi, memberi saran seperti berikut:

- Lakukan berbagai cara untuk mendapat atensi dari orang-orang sekitar (misalnya: berteriak), hal ini dilakukan supaya pelaku merasa takut dan kita mendapat bantuan dari orang lain.
- Segera jauhi pelaku dan lari ke tempat yang lebih ramai, dirasa lebih aman dan kita bisa mendapat pertolongan.
- Jika rasa takut atau sedih masih dirasakan, temui atau hubungi orang yang bisa diajak bercerita agar kita mendapatkan dukungan moral dan emosional.

Pelecehan seksual dapat terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Sebisa mungkin selalu bentengi diri dari kemungkinan-kemungkinan jahat yang bisa terjadi. Jangan sampai wanita selalu jadi sasaran empuk untuk dilecehkan karena tidak bisa membela diri.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)