Minggu, 19 Jan 2020 18:35 WIB

Terpopuler Sepekan: Kisaran Biaya Cuci Darah Bila Ginjal Rusak

Firdaus Anwar - detikHealth
Harga cuci darah untuk penderita gagal ginjal. Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth
Jakarta - Sayangi ginjal karena bila sampai rusak maka kamu akan bergantung pada mesin untuk cuci darah seumur hidup. Biaya yang harus dikeluarkan juga tidak main-main, karena itu banyak orang bilang sehat itu mahal.

Direktur klinik Hemodialisis Tidore Andreas Japar, Jakarta Pusat, menjelaskan harga cuci darah bisa berbeda-beda tergantung dari tingkat fasilitas kesehatannya. Biasanya prosedur ini dilakukan dua kali seminggu untuk menjaga agar darah tetap bersih.

"Rp 737.700 untuk klinik HD (hemodialis) tipe D, kalau klinik di luar rumah sakit tipe D. Ada lagi rumah sakit tipe C itu sekitar Rp 825.000, kelas B sekitar Rp 935.000, kelas A antara sekitar Rp 1.000.000," kata Andreas.

Kepala Klinik Hemodialisis Tidore dr Risma Chrismawati menjelaskan pasien pengidap gagal ginjal kronis wajib menjalani prosedur ini seumur hidup. Sementara itu pasien gagal ginjal akut masih ada harapan membaik asal rutin cuci darah dan menjaga pola hidup sehat.

"Kalau sudah gagal ginjal kronis stadium 5 itu seumur hidup, tapi kalau yang bukan itu gagal ginjal akut itu (karena) ada penyakit penyerta lain," kata dr Risma.

Absen cuci darah sekali saja maka risikonya pasien bisa mengalami gejala pusing serta mual layaknya keracunan.



Simak Video "Penderita Gagal Ginjal Tak Boleh Minum Terlalu Banyak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/sao)