Selasa, 21 Jan 2020 10:43 WIB

5 Ritual Saran Ahli Agar Generasi Milenial Tak Rentan Depresi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Lakukan saran ini agar tidak depresi. (Foto: Getty Images)
Jakarta - Generasi milenial, jika kamu sedang berada di titik jenuh karena tekanan di media sosial karena masalah keuangan yang tak teratasi, hubungan yang tidak sehat dengan pasangan, maupun rekan kerja, tentu hal ini bisa sangat melelahkan dan mengganggu kesehatan mental.

Banyak hal yang menjadi tuntutan membuat generasi milenial merasa kelelahan dan bisa menimbulkan depresi. Hal ini wajar terjadi. Namun kita perlu mengelola kesehatan mental ini agar tak menimbulkan efek yang serius, dan berkepanjangan di hari berikutnya.

Berikut 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga mentalmu tetap sehat, dikutip dari Healthline:

1. Belajar mengatakan 'tidak'

Sebagian generasi milenial mungkin terbiasa untuk tidak menolak ajakan teman, atau perintah atasan saat bekerja. Namun ada kalanya kamu harus terbiasa mengatakan tidak. Di saat kondisimu terasa lelah dan energi sudah terkuras banyak selama seharian, kata 'tidak' dapat membantu menjaga kesehatan mentalmu.



2. Menulis jurnal

Belum punya jurnal? coba untuk membeli jurnal baru dan ceritakan keseharianmu di sana. Ritual ini sangat efektif untuk membantu mengatasi kecemasan, mengurangi rasa stres, depresi, dan dapat meningkatkan suasana hati.

Selain itu, dengan menulis jurnal kamu dapat melihat suasana hati yang kamu alami setiap hari. Setelah rutin menulis, kamu bisa mereview kembali kondisi kesehatan mentalmu selama satu minggu. Jadi kamu bisa memahami apa saja yang perlu dikendalikan selama satu minggu ke depan.

3. Yoga

Menjaga kesehatan mental juga bisa dilakukan dengan yoga. Beragam manfaat yoga jika dilakukan secara rutin dapat mengatasi depresi yang sedang kamu alami, dan membantu meningkatkan energi positif sepanjang hari.

4. Memori bahagia

Penting untuk kamu selalu mengingat memori bahagia. Kamu bisa memilih 10 memori bahagia di antara semua yang sudah kamu lalui. Mengingat memori bahagia ini akan sangat membantu mood-mu ketika sedang mengalami hari yang buruk.

5. Buat akun terbatas di media sosial

Jika kamu termasuk orang yang sangat membatasi setiap postingan di media sosial, tidak ada salahnya untuk membuat akun pribadi yang hanya bisa dijangkau dengan teman terdekat. Kamu tidak lagi harus memikirkan apa yang orang lain katakan tentang postinganmu, dan bisa bebas menjadi diri sendiri tanpa mengkhawatirkan soal 'judging' dari netizen.



Simak Video "Soal Kesehatan Mental, Jangan Diagnosis Diri Sendiri!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)