Selasa, 21 Jan 2020 18:30 WIB

Ilmuwan Temukan Sistem Imun yang Dapat Bunuh Berbagai Jenis Kanker

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Peneliti temukan sel imun yang bisa melawan sel kanker. (Foto: iStock)
Jakarta - Sel imun atau sistem kekebalan tubuh terbaru berhasil ditemukan oleh ilmuwan. Diyakini sel ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati semua jenis kanker.

Mengutip dari BBC, temuan yang telah dipublikasikan oleh Nature Immunology ini meski belum diuji kepada pasien, para peneliti mengatakan sel ini mempunyai potensi yang sangat besar untuk membunuh kanker.

Sistem kekebalan tubuh merupakan pertahanan alami untuk melawan infeksi, dan juga menyerang sel kanker. Sistem kekebalan tubuh yang dapat membunuh sel kanker dinamakan dengan sebutan sel-T jenis baru.

Sel-T ini berada dalam darah manusia dan berfungsi sebagai pemindai, misal terdapat ancaman yang perlu dihilangkan atau tidak.

"Sebelumnya tidak ada yang percaya ini bisa terjadi," kata Andrew Sewll, peneliti dari Universitas Cardiff, Inggris.


"Ini akan meningkatkan cara untuk mengatasi kanker. Sel-T ini dapat menghancurkan berbagai jenis kanker di seluruh populasi," lanjutnya.

Menurut peneliti, sel-T ini berinteraksi dengan molekul MR1 yang berada di setiap permukaan sel dalam tubuh manusia. Diperkirakan MR1 berfungsi untuk menghalangi sel kanker yang masuk ke sistem kekebalan tubuh.

"Kami adalah yang pertama memperlihatkan sel-T dan MR1 saling berinteraksi dalam sel kanker, dan belum pernah dilakukan sebelumnya, ini adalah yang pertama dari jenisnya," ucap Garry Dolton, peneliti dari Universitas Cardiff, Inggris.

Diketahui penelitian ini menunjukkan bahwa sel-T dapat menemukan dan membunuh berbagai sel kanker di laboratorium termasuk paru-paru, kulit, darah, usus besar, payudara, tulang, prostat, ovarium, ginjal, dan sel kanker serviks.



Simak Video "Kekebalan Tubuh Usai Sembuh Covid-19 Disebut Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)