Kamis, 23 Jan 2020 15:13 WIB

Virus Corona Masuk Jakarta? 3 RS Ini Siap Menangani

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Thermal scanner disiagakan di bandara untuk menangkal virus corona (Foto: Antara Foto/Fikri Yusuf)
Jakarta -

Hingga saat ini belum ada kasus positif virus corona 2019-nCoV (novel coronavirus) di Indonesia. Khususnya di Jakarta, ada 3 RS yang siap menangani jika ada kasus yang terkonfirmasi.

Tiga rumah sakit di Jakarta yang menjadi pusat rujukan nasional adalah Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, RS Pusat Infeksi Sulianti Saroso, dan RS Pusat Persahabatan. Ketiganya termasuk dalam 100 RS yang disiagakan untuk menangani virus corona.

"Tiga rumah sakit itu sudah siap untuk rujukan nasional," sebut Direktur Survailans dan Karantina Kementerian Kesehatan, drg Vensya Sitohang, MEpid, Rabu (22/1/2020).

Diterangkan oleh Kepala Kantor Kesehatah Pelabuhan Kelas I, dr Anas Ma'ruf, jika terdapat suspect kasus, maka terduga pasien yang turun dari pesawat akan diperiksa oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan di pos pelayanan kesehatan bandara. Apabila memiliki gejala, maka pasien akan segera dibawa ke rumah sakit rujukan tersebut.

"Kalau ada suspect, petugas kita akan secara khusus melaporkan kemudian akan menuju ke rumah sakit penyakit infeksi atau RSPAD atau RS Persahabatan," jelasnya.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)