Jumat, 24 Jan 2020 15:29 WIB

Kata Kemenkes Soal Suspect Virus Korona di RSPI Sulianti Saroso

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Suasana di RSPI. Foto: Nafilah Sri Sagita/detikHealth
Jakarta -

Seorang pasien di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara, suspect terjangkit virus Corona. Pihak rumah sakit tengah melakukan observasi lebih lanjut.

Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Sesditjen P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Achmad Yurianto, meyakini kasus tersebut negatif nCoV atau virus Corona.

"Kita yakini nggak deh, kayanya kalau kita liat gejalanya," jelasnya saat ditemui detikcom di Gedung Adhyatma Lantai 9, Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2020).


Menurutnya, belum banyak yang mengetahui apa itu arti suspect yang sebenarnya dalam bahasa kesehatan.

"Tolong dipahami bahasa suspect menurut dokter dengan menurut temen-temen. Kalau kita sih suspect kan kalau menurut bahasa kesehatan suspect itu dikira, diduga, sampai dengan pemeriksaan ternyata mengatakan tidak, kalau di masyarakat suspect itu dianggap positif, masalahnya kan di situ," jelasnya.

Ia menegaskan sampai saat ini belum ditemukan kasus positif nCoV virus Corona. Ia mengimbau masyarakat untuk mengetahui dengan pasti.

"Sampai saat ini belum ada kasus positif yang ada di Indonesia," pungkasnya.

Direktur Medis RSPI Sulianti Saroso, Dyani Kusumowardhani, kepada detikcom mengatakan tengah berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan. Belum ada perkembangan hasil pemeriksaan suspect virus corona yang bisa ia sampaikan.

"Saya berangkat ke Kemenkes," jawabnya singkat, saat dimintai tanggapan.

Kata Kemenkes Soal Suspect Virus Korona di RSPI Sulianti Saroso



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)