Jumat, 24 Jan 2020 16:27 WIB

Kemenkes Pastikan 420 Mahasiswa 'Mudik Imlek' dari Wuhan Bebas Virus Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Pemeriksaan virus corona oleh petugas (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Sebanyak 420 mahasiswa RI yang tengah mudik dari China dipastikan negatif virus corona. Risiko penularan saat mudik imlek memang tengah jadi sorotan.

Menurut Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Sesditjen P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Achmad Yurianto, sejumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di China dan pulang mudik dalam rangka imlek tahun ini, dipastikan tidak terkena virus Corona.

"Karena kita pastikan juga mahasiswa kita sebanyak 420 orang yang juga kembali ke Indonesia dari China tidak ada yang sakit atau dugaan kena virus, yang liburan dari China juga begitu, sudah kita data dan semua aman. Jadi yang penting jaga kesehatan walaupun virus ini belum terjangkit di Indonesia," jelasnya saat ditemui detikcom di Gedung Dr Adhyatma Lantai 9, Kementerian Kesehatan RI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2020).

Ia menegaskan, seluruh pemeriksaan sudah dipastikan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

"China atau turis baru kembali dari China diduga kena virus corona ya tidak sampai ke saya, itu pasti negatif karena semua warga negara asing dari China atau yang baru berkunjung dari China pasti kita lakukan pemeriksaan dan semua sudah sesuai SOP," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)