Senin, 27 Jan 2020 18:02 WIB

Awas Hoax! Virus Corona Tidak Menular Lewat Barang Impor China

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Shoppers wearing face masks look for groceries with many empty shelves at a supermarket in Wuhan in central Chinas Hubei province, Saturday, Jan. 25, 2020. The virus-hit Chinese city of Wuhan, already on lockdown, banned most vehicle use downtown and Hong Kong said it would close schools for two weeks as authorities scrambled Saturday to stop the spread of an illness that is known to have infected more than 1,200 people and killed 41, according to officials. (Chinatopix via AP) Kehidupan di Kota Wuhan, pusat wabah virus corona nCoV (Foto: Chinatopix via AP)
Jakarta -

Virus corona yang mendunia membuat banyak masyarakat menjadi panik dan khawatir. Alih-alih menyebarkan informasi yang benar, banyak pihak tidak bertanggungjawab malah membuat hoax atau berita tidak benar soal virus corona.

Beberapa di antaranya menyebut virus corona bisa menular lewat barang impor yang berasal dari China baik makanan, baju, bahkan ponsel. Ditegaskan oleh sebut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes dr Anung Sugihantono, sampai saat ini penularan virus corona diduga disebabkan oleh kontak langsung dengan mereka yang sakit, bukan barang dari China.

"Tidak ada ceritanya makanan, pakaian, sekarang kan sudah banyak diomongin 'beli pakaian dari China nanti menularkan', itu nggak," tegasnya saat dijumpai di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020).

Karena penularan virus corona belum diketahui secara pasti, saat ini semua orang di daerah terdampak disarankan memakai masker. Juga disarankan tidak dekat dengan orang yang bergejala sembari selalu menjaga kesehatan dan daya tubuh.

"Saat ini penularan yang sesungguhnya tidak diketahui. Diduga adalah kontak langsung. Kontak langsung itu bersentuhan atau dari udara. Bisa airborne bisa droplet," pungkasnya.



Simak Video "Tips Aman Berkegiatan Sehari-hari Agar Bebas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)