Kamis, 19 Mar 2020 14:42 WIB

Viral Tes Corona Sendiri dengan Tahan Napas, Ini Kata Dokter Paru

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral cara cek virus corona dengan tahan napas. Viral informasi cek virus corona dengan tahan napas. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta -

Di media sosial viral informasi soal cara sederhana mengecek sendiri status infeksi virus corona COVID-19. Disebutkan caranya hanya dengan menarik napas dalam-dalam lalu tahan selama 10 detik.

Berikut potongan informasi tersebut:

Test yang murah, sederhana, dan praktis untuk mengenal infeksi virus Corona hanya dalam 30 detik tanpa kunjungan ke dokter atau pemeriksaan laboratorium sangat kita perlukan.

Anda dapat melakukannya sendiri!

Perhatikan cara berikut ini:

Ambil napas dalam-dalam dan tahan napas selama lebih dari 10 detik! Jika setelah menahan nafas anda berhasil mengeluarkan napas pelan2 tanpa batuk, rasa tidak nyaman, lelah, dan kaku di dada, ini membuktikan bahwa tidak ada fibrosis di paru-paru anda, dan itu sebenarnya menunjukkan bahwa tidak ada virus apapun didalam paru2 anda!

Spesialis paru dr Frans Abednego Barus, SpP, dari OMNI Hospitals Pulomas menegaskan tes virus corona dengan cara itu tidak benar. Batuk-batuk saat menahan napas bisa disebabkan oleh berbagai hal, tidak hanya infeksi oleh virus corona.

"Hoax! Tidak benar. Tidak spesifik mengarah COVID-19," kata dr Frans saat dihubungi detikcom, Kamis (19/3/2020).

Satu pengguna Facebook yang mengunggah informasi ini pada 17 Maret lalu sudah mendapatkan lebih dari 2,3 ribu like dan dibagikan ulang sebanyak lebih dari 4 ribu kali.



Simak Video "Kata Psikolog Soal Siswi di Sulsel Dilecehkan Beramai-ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)