Selasa, 28 Jan 2020 09:54 WIB

Stok Langka karena Virus Corona, Masker N95 Dijual Mahal di Pasar Pramuka

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
pasar pramuka kehabisan stok masker n95 gara-gara virus corona Masker N95 susah dicari di Pasar Pramuka (Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth)
Jakarta -

Kekhawatiran terhadap virus corona Wuhan memicu kelangkaan stok masker N95 di sejumlah tempat. Para pedagang menyebut, harga jualnya pun mengalami peningkatan signifikan.

"Harga sebelumnya 200 ribuan, gara-gara heboh virus itu banyak yang cari langsung naik 350 ribu, karena emang barangnya juga susah dicari," kata Yayat, seorang pedagang alat kesehatan di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020).

Para pedagang mengakui stok masker N95 belakangan ini sulit didapatkan. Diyakini, berhubungan dengan merebaknya virus corona baru 2019-nCoV dari Wuhan.

"Lagi susah, sudah dua hari ini kosong," kata Rani, seorang pegawai Apotek di Pasar Pramuka.

Cara pakai masker yang benar agar tak tertular virus corona.Cara pakai masker yang benar agar tak tertular virus corona. Foto: infografis detikHealth

Pembeli masker N95, menurut salah seorang pegawai apotek bukan hanya perorangan. Petugas kesehatan disebutnya juga banyak belanja masker.

"Biasanya ada dari orang-orang yang beli, ada juga dari rumah sakit, kebanyakan sih dari orang-orang yang beli," kata Fendi.



Simak Video "Kapan Waktu yang Baik untuk Gunakan Masker?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)