Selasa, 28 Jan 2020 12:11 WIB

Jangan Sepelekan Pergelangan Tangan Nyeri Saat Bekerja

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
tangan kebas Foto: shutterstock
Jakarta -

Sebagian orang pernah merasakan pergelangan tangan mereka sakit sesaat setelah digunakan untuk beraktivitas. Baik itu menulis, mengetik, hingga menggunakan mouse. Padahal, pergelangan tangan ini sangat menunjang aktivitas yang Anda lakukan. Lantas, apa yang membuat nyeri di area pergelangan tangan ini?

Alasan pertama adalah aktivitas pergelangan tangan yang berlebihan. Bila Anda merasakan hal tersebut tentunya jangan pernah disepelekan. Salah satu penyebab nyeri pergelangan tangan disebut dengan CTS atau Carpal Tunnel Syndrome.

CTS sendiri adalah penyakit yang mempengaruhi saraf pada pergelangan tangan. CTS adalah kondisi yang terjadi pada pergelangan tangan dengan gejala kebas, nyeri, bahkan mati rasa.

Dilansir dari Healthline penyakit ini memang tidak begitu populer, namun kasusnya banyak terjadi pada pekerja kantoran yang dalam kesehariannya sering menggunakan mouse pada komputer atau laptop untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu.

Gangguan ini biasanya dimulai perlahan dan bertahap hingga membuat pergelangan tangan mati rasa atau kesemutan hingga ke jari-jari, terutama di jari telunjuk dan ibu jari. Anda juga mungkin merasakan sensasi yang tidak nyaman di pergelangan tangan.

Jika mengalami CTS ringan ini, Anda bisa meredakan gelajanya dengan mengubah pola hidup dengan benar dan membatasi aktivitas yang menggunakan pergelangan tangan. Serta lakukan beberapa gerakan tangan yang aman untuk meregangkannya, berikut tipsnya.

Istirahat dari Aktivitas Pergelangan Tangan yang Berulang

Istirahatlah sejenak dari aktivitas yang sedang dilakukan. Baik mengetik, menulis, atau menggunakan mouse. Regangkan tangan dan gerakkan pergelangan tangan Anda untuk meningkatkan kembali aliran darah ke area pergelangan tersebut dan lakukan secara berulang.

Kibas-kibas Pergelangan Tangan

Lakukan peregangan ini sambil menarik dan membuang napas secara teratur. Walaupun sederhana, kibas-kibas tangan ini juga dapat mencegah kekakuan saraf otot saat beraktivitas, sehingga bisa meringankan nyeri pada pergelangan tangan.

Lakukan Terapi Fisik

Jika tip dan trik di atas tidak memiliki efek pada pergelangan tangan Anda, pertimbangkan untuk mengunjungi terapis fisik. Mereka dapat mengajarkan Anda latihan yang lebih merilekskan tangan dan meredakan gejala CTS ini hingga kembali normal. Mereka juga bisa menganjurkan konsumsi vitamin atau obat yang dapat meringankan nyeri pada pada pergelangan tersebut.

Sebagai informasi CTS merupakan salah satu ciri gangguan saraf. Sedangkan gangguan saraf dapat terjadi saat tubuh kekurangan vitamin B. Begitu pentingnya peran vitamin B bagi tubuh, maka jika Anda kekurangan vitamin B, Anda dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B1, B6 dan B12 seperti Vitropic Forte.

Jangan Sepelekan Pergelangan Tangan Nyeri Saat BekerjaFoto: Vitropic Forte

Dengan mengonsumsi Vitropic Forte, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin B1, B6 dan juga B12 yang juga akan mencegah Anda dari penyakit seperti beri-beri dan kerusakan pada beberapa bagian saraf seperti pergelangan tangan ini. Apalagi kandungan B12 sebanyak 5000 μcg baik bagi saraf dan menjauhkan Anda dari penyakit di atas.

Hanya dengan 1 tablet sesudah makan, Anda sudah bisa menjaga dan merawat saraf Anda agar terhindar dari gangguan saraf yang bisa menyerang sewaktu-waktu. Vitropic, memang epic!

Jangan Sepelekan Pergelangan Tangan Nyeri Saat BekerjaFoto: Vitropic Forte






Simak Video "Cara Atasi Nyeri Leher dan Lutut saat Work From Home"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)