Rabu, 29 Jan 2020 10:24 WIB

Sopir Bus Kena Virus Corona, 4 Negara Ini Laporkan Penularan Antarmanusia

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Virus corona yang menyebar di wilayah Wuhan, China, membuat sejumlah warganya terjangkit dan harus dievakuasi ke rumah sakit. Tim medis pun bantu evakuasi warga Virus corona dikabarkan bisa menular antarmanusia (Foto: Chinatopix via AP)
Jakarta -

Wabah virus corona hingga saat ini masih menghantui masyarakat di China dan sejumlah negara lainnya yang ada di dunia. Di beberapa kasus, virus ini bisa menyebar karena memiliki riwayat perjalanan ke kota atau negara tempat menyebarnya wabah tersebut.

Namun, kini virus corona yang berasal dari kota Wuhan, China, bisa menyebar atau menular dari satu orang ke orang lainnya. Meskipun orang tersebut tidak atau belum pernah melakukan perjalanan ke sana.

Dikutip dari News.com.au, berikut ini beberapa negara yang telah melaporkan adanya kasus penyebaran virus corona dari orang ke orang.

1. Jerman

Kasus penularan dari orang ke orang yang terbaru terjadi di Jerman. Seorang warga Jerman tertular virus corona, padahal dia belum pernah melakukan perjalanan ke China. Diketahui, orang tersebut tertular oleh pengunjung atau turis yang datang dari kota Wuhan.

Kasus lainnya, seorang pria di Jerman juga terinfeksi virus corona. Penyebabnya diduga karena ada seorang rekan kerja dari China yang berkunjung ke tempatnya bekerja.

2. Jepang

Kasus terbaru lainnya terjadi di Jepang. Korbannya merupakan supir bus yang berusia 60-an tahun yang tidak punya riwayat bepergian ke China, apaalgi Wuhan. Penyebabnya diketahui karena sebelumnya dia membawa wisatawan asal Wuhan dengan bis yang dikendarainya.

3. Vietnam

Berdasarkan penuturan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kasus infeksi yang terjadi di Vietnam juga termasuk kasus penularan dari manusia ke manusia lainnya.

4. China

Di negara asalnya, China, ada beberapa kasus penyebaran yang terbukti terjadi dari manusia ke manusia. Ada 8 kasus yang dilaporkan yaitu 8 di Hong Kong dan 5 di Makau. Hampir semua kasus ini terjadi dan melibatkan turis ataupun orang-orang yang pernah mengunjungi kota Wuhan.

Seorang wanita yang tinggal di daerah Shanghai juga dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Hal ini terjadi setelah dikunjungi oleh orang tuanya yang berasal dari kota Wuhan.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)