Rabu, 29 Jan 2020 12:32 WIB

10 Kota di Indonesia yang Sempat Digemparkan 'Suspek' Virus Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pemerintah telah menunjuk 100 rumah sakit dalam upaya penanganan virus corona. Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta, salah satunya. Ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Wabah virus corona yang muncul sejak Desember 2019 lalu ini sangat menggemparkan dunia. Virus yang berasal dari kota Wuhan, China, ini tercatat telah menyebar ke 16 negara di dunia.

Meskipun belum terbukti keberadaanya, virus corona ini juga menghebohkan masyarakat Indonesia. Di beberapa daerah juga sempat membuat geger dengan adanya dugaan infeksi virus tersebut.

Dirangkum dari detikcom, berikut beberapa daerah yang ramai dan diduga terinfeksi virus corona.

1. Jakarta Selatan

Pada Kamis (23/1/2020) lalu, Jakarta sempat dihebohkan adannya 1 kasus karyawan Huawei yang diduga positif terinfeksi virus corona. Hal ini menimbulkan kepanikan hingga banyak karyawan di gedung BRI 1 dan 2 ramai-ramai memakai masker.

Setelah dicek lebih lanjut di rumah sakit, karyawan yang disebut datang dari China itu negatif dari virus dan hanya mengalami radang tenggorokan biasa.

2. Bandung

Warga Kabupaten Bandung juga digegerkan karena adanya 1 kasus yang diduga terinfeksi virus corona. Dalam kasus tersebut, dua orang asal Yunnan, China, yang menunjukkan adanya gejala virus langsung diisolasi pihak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Setelah dilakukan pemeriksaan secara mendalam, pihak RSHS menyebut pasien yang dirawat tersebut negatif dan bukan suspek 2019-nCoV.

3. Jakarta Utara

Kasus yang diduga virus corona lainnya yang tak kalah heboh juga terjadi di Jakarta Utara, tepatnya di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. Satu kasus tersebut dialami oleh pasien yang diketahui pernah berkunjung ke China.

Untuk membuktikannya, pihak RSPI melakukan berbagai pemeriksaan berupa pengambilan cairan hidung, tenggorokan, dan dahak. Setelah diperiksa, pasien tersebut bukan suspek dan negatif dari virus corona. Diyakini, pasien itu mengalami ISPA.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]