Rabu, 29 Jan 2020 14:38 WIB

Kenapa Seruan Viral 'Wuhan Jiayou!' Terdengar Begitu Mengharukan?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Media nasional China melaporkan sedikitnya 51 pasien virus corona telah dinyatakan sembuh. Hal itu membuat Wuhan perlahan bangkit. Warga kota Wuhan masih terisolasi gara-gara virus corona. Wuhan Jiayou! (Foto: Stringer/Getty Images)
Jakarta -

Beberapa orang mengaku tersentuh secara emosional menyimak video viral saat warga Wuhan sahut menyahut meneriakkan 'Wuhan Jiayou!'. Menurut psikolog, butuh empati yang kuat untuk bisa sekompak itu.

"Sebenarnya itu masalah empati sih kalau menurut aku. Jadi kaya bagaimana dia bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain," jelas Ratih Zulhaqqi, MPsi, psikolog dari RaQQi - Human Development & Learning Centre.

[Gambas:Video 20detik]

Menurut Ratih, video yang viral tersebut menunjukkan bahwa warga Wuhan kompak saling menyemangati karena ada kesadaran bahwa keselamatan bukan hanya untuk individu melainkan keselamatan untuk seluruh penghuni wilayah tersebut.

Kekompakan seperti ditunjukkan warga Wuhan tidak akan muncul kalau masing-masing hanya memikirkan dirinya sendiri.

"Mungkin ketakutannya baru sebatas diri mereka pribadi, belum untuk diri orang lain juga," jelas Ratih.

Dalam video yang viral, warga Wuhan sahut menyahut meneriakkan kata-kata penyemangat 'Wuhan Jiayou!'. Seruan itu menggema di antara belantara gedung bertingkat, memecah keheningan malam. Banyak mengaku merinding, bahkan menitikkan air mata saat menontonnya.



Simak Video "Viral Video Teriakan 'Wuhan Jiayou' yang Bikin Haru"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)