Kamis, 30 Jan 2020 11:01 WIB

Mengintip Kecanggihan RSPI Sulianti Saroso Hadapi Ancaman Virus Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pemerintah telah menunjuk 100 rumah sakit dalam upaya penanganan virus corona. Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta, salah satunya. RSPI Sulianti Saroso sudah siap dalam menangani pasien dugaan virus corona. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Di Jakarta, ada tiga rumah sakit yang dijadikan rujukan apabila ada pasien dugaan virus corona, yaitu RS Persahabatan, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso.

"Di sini ada 11 ruang isolasi. Nah, apabila 11 ruangan penuh, maka akan dikirim ke RS Persahabatan ataupun RSPAD. Tapi, kalau di sini belum penuh dan mau ke RS lain boleh. Di sana sudah siap dan penanganannya sama," kata Direktur Utama RSPI, dr Mohammad Syahril, SpP, MPH, saat ditemui di lobby RSPI Sulianti Saroso, Rabu (29/1/2020).

Menurut dr Syahril, kesiapan RS bisa dilihat dari beberapa hal. Mulai dari ruang isolasi yang bersih dari kontaminasi ataupun tidak bisa menyebarkan virus ke luar. Para petugas juga harus memiliki Alat Pelindung Diri (APD) seperti helm sampai baju anti-virus.

Mengintip Kecanggihan RSPI Sulianti Saroso Hadapi Ancaman Virus CoronaFoto: Agung Pambudhy



Selain itu, ruangan isolasi harus memiliki tekanan negatif atau negatif pressure. Itu adalah suatu ruangan yang bisa menstabilkan virus atau kuman, sehingga tidak menular kemana-mana dan tidak boleh sembarangan orang masuk. dr Syahril mengungkapkan para petugas medis juga sudah disiapkan.

"Dokter paru ada 6 jadi 7 sama saya. (Dokter) penyakit dalam ada 4, dokter anak ada juga beberapa, perawatnya jauh lebih banyak," ujarnya.

Mengintip Kecanggihan RSPI Sulianti Saroso Hadapi Ancaman Virus CoronaFoto: Agung Pambudhy


dr Syahril mengatakan, seumpama terjadi outbreak virus ini, Indonesia terutama RSPI sudah siap.

"Seumpama terjadi outbreak, 11 ruang isolasi meskipun satu ruangan satu pasien, ini akan dioptimalkan. Kita punya 54 tempat tidur, kita akan keluarkan semua. Tapi, kita tidak berharap terjadi outbreak itu," imbuhnya.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)