Sabtu, 01 Feb 2020 12:01 WIB

Viral Tren Minum Boba 5 Liter, Dokter: Kalorinya Seperti Makan 3 Hari!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
POV shot of a man holding a plastic cup of bubble milk tea in Taipei. Viral boba challenge 5 liter. (Foto: iStock)
Jakarta -

Di media sosial, ramai video tren minum boba sampai 5 liter dalam waktu kurang dari 12 jam. Bahkan kebanyakan dari mereka rela membeli lebih dari lima gelas boba ukuran besar untuk dimasukkan ke dalam galon kecil hanya untuk ikut tren tersebut.

Ahli pencernaan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH menyebut beberapa dari mereka mungkin tidak menghitungkan kadar gula dan kalori dalam jumlah boba yang mereka konsumsi sebelum melakukan challenge atau tantangan tersebut.

"Let say misalnya boba ukuran medium kalorinya 300, jadi kalau 5 liter boba, bisa saja jumlah kalorinya sudah 3.000. Itu seperti makan tiga hari, banyak banget. Apalagi kalau dia tetap makan," katanya kepada detikcom, Jumat (31/1/2020).

Minum boba sebanyak itu tentunya bakal bikin perut kembung dan kenyang seharian penuh. Beberapa pasti tidak akan bernafsu untuk makan lagi setelah minum boba 5 liter yang membuat tubuh akan kekurangan nutrisi hariannya.

"Boba isinya karbohidrat doang. ya ada unsur seratnya sedikit deh jadi intinya bahwa dia akan kurang protein atau lemaknya. intinya belum memenuhi kriteria gizi seimbang. komponen vitamin, mineralnya berkurang, jadi kalau dia hanya minum boba seharian saja, jelas akan defisiensi nutrisi," pungkas dr Ari.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)