Senin, 03 Feb 2020 19:36 WIB

Mengenal Vaksin Flubio yang Digunakan Persib Bandung

Yudha Maulana - detikHealth
Beberapa pemain Persib Bandung meringis ketika dokter menusukkan jarum suntik ke lengan mereka. Senin (3/2/2020) pagi, skuad Maung Bandung divaksinasi. Persib Bandung menerima vaksin Flubio. (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Dalam menatap musim kompetisi Liga 1 2020, skuat Persib Bandung yang terdiri dari pemain dan ofisial tim mendapatkan asupan berupa vaksin Flubio dari Biofarma pada Senin (3/2/2020).

Satu persatu pemain dan ofisial masuk ke dalam ruangan vaksin. Tampak ekspresi menyeringai dari wajah saat jarum suntik menusuk lengan mereka.

Lalu seperti apa sih vaksin Flubio itu ?

Direktur Utama Biofarma Honesti Basyir mengatakan vaksin Flubio ini untuk menambah daya tahan (imunitas) tubuh terhadap berbagai macam penyakit.

"Kita juga melihat kondisi cuaca agak esktrem ya belakangan ini. Vaksin ini juga untuk mengantisipasi merebaknya penyakit, seperti Virus Corona," kata Honesti di Kantor Biofarma, Pasteur, Kota Bandung.

"Kalau daya tahan bagus, Insya Allah penyakit juga enggak masuk," lanjut Honesti.

Dilansir detikcom dari laman resmi Biofarma, Vaksin Flubio merupakan suspensi jernih atau sedikit berwarna keputihan dan mengandung haemagglutinin dari 3 jenis antigen virus influenza. Setiap dosis (0,5 mL) mengandung strain A (H1N1) dan A (H3N2).

Vaksin ini direkomendasikan untuk pencegahan terhadap penyakit yang ditimbulkan oleh virus influenza. Idealnya, pemberian vaksin ini diberikan berkala setiap satu tahun sekali dan diberikan kepada orang sehat.

Vaksin ini tidak dianjurkan bagi orang yang memiliki alergi telur, alergi konstituen vaksin, penderita demam tinggi, kejang-kejang, dan infeksi akut.

Seperti halnya vaksin yang berasal dari virus yang dilemahkan, ada efek samping ringan yang berpotensi terjadi bagi penerima vaksin. Seperti nyeri dan kemerahan pada lokasi suntikan dan reaksi sistemik seperti demam, nyeri otot, dan kelelahan.

Digali dari berbagai sumber, vaksin ini diklaim bisa menangkal influenza selama satu tahun penuh. Agar imunitas tubuh semakin kuat menghadapi flu, disarankan agar menerima asupan vaksin secara berkala selama tiga tahun berturut-turut.



Simak Video "Tersedia 2021, Ada 350 Juta Dosis Vaksin Corona RI yang Disiapkan"
[Gambas:Video 20detik]
(ern/fds)