Selasa, 04 Feb 2020 05:28 WIB

Round Up

Cibiran Netizen Soal Kondisi Tempat Karantina WNI dari Wuhan di Natuna

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
karantina evakuasi wni wuhan Lokasi tempat karantina sempat jadi cibiran (Foto: Kemenkes dr Achmad Yurianto)
Jakarta -

Kondisi tempat karantina Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru saja dievakuasi dari China sempat mendapat cibiran. Namun Kementerian Kesehatan memastikan fasilitas yang tersedia terjamin kelayakannya.

"Ya bukan Rumah Sakit, kalau orang sakit masukan RS, kalau orang sehat ya masukan rumah sehat, ini semua orang sehat kok," tegas Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr Achmad Yurianto.

Sekitar 237 WNI menempati Hanggar Lanud Raden Sadjad Kab Natuna, Kepulauan Riau, selama masa karantina. Sebanyak 9 dokter dan 70 tenaga kesehatan bertugas memantau kesehatan gizi dan lingkungan sekitar.

Soal jarak lokasi karantina dengan area permukiman juga sempat jadi cibiran. Dikatakan, lokasinya terlalu dekat sehingga berpotensi menularkan virus ke penduduk setempat.

Cibiran ini juga dibantah dengan tegas oleh dr Yuri.

"Yang nanggapi sudah pernah ke sini belum? Ya jarak terdekat itu 8 km itu menurut Anda dekat atau jauh? Kemudian virus ini nularnya pakai apa? Percikan ludah, dahak orang sakit. Ada nggak orang batuk 8 km langsung sampai? Nah iya artinya nggak logis kan," tegasnya.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)